Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Des 2020 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Diberi Jokowi 1 Tahun Untuk Membereskan Hal Ini

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru dilantik, Sandiaga Uno langsung mendapatkan tugas yang berat dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Dia diberi waktu setahun. Tugas apa itu?

"Arahan dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden, pertama kita harus cepat bergerak. Saya dikasih waktu satu tahun untuk beliau bisa melihat kesiapan destinasi super prioritas yang ada 5," kata Sandiaga Uno.

Seperti diketahui 5 destinasi super prioritas yang tengah dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dan Likupang.

Ia menjelaskan, perkembangan pembangunan destinasi super prioritas itu tak cuma dilihat dari segi infrastruktur tetapi hal-hal mendetail lainnya.

"Saya dikasi waktu yang singkat 1 tahun untuk beliau (Presiden) bisa melihat kesiapan destinasi super prioritas yang 5 tapi dari aspek 360 derajat. Bukan hanya infrastruktur, tapi semua hal kecil dan pak presiden sangat detail. Bapak Presiden bilang tari-tariannya harus the best of the best, kostumnya, seni budayanya, talentanya, SDM-nya, pelayanannya dan lain sebagainya," ujar Sandiaga.

Presiden Joko Widodo, dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, juga meminta dirinya menyiapkan kalender kegiatan (calendar of event) pada setiap destinasi terutama destinasi lima super prioritas agar sektor pariwisata bukan hanya bertahan dan pulih.

"Calendar of event dari yang berskala kecil mingguan, juga bulanan dalam skala regional dan yang world class. Jadi itu semua perlu kolaborasi," kata Sandiaga.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin menambahkan pesan agar dapat menjalankan protokol secara disiplin. Sektor ekonomi kreatif sebagai pencipta lapangan kerja untuk dapat dilakukan pendekatan yang holistik sehingga lebih dari 30 juta para pelaku dan tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini bisa terbantu.

Juga inovasi produk seperti wisata halal desa wisata dan beberapa kegiatan yang menyentuh aspek ekonomi kreatif.

"Kita tidak punya banyak waktu, kita harus dapat melakukan tiga hal yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, kita lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara," ujar Sandiaga.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: Sandiaga Uno (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA