Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Des 2020 11:51 WIB

TRAVEL NEWS

#RinduWisataLagi Kemenparekraf Didukung Raffi Ahmad hingga Ari Lasso

Raffi Ahmad
Foto: Instagram
Jakarta -

Baru-baru ini, lini masa media sosial diramaikan oleh unggahan masyarakat yang menyuarakan kerinduan berwisata di Indonesia melalui hashtag #RinduWisataLagi dan #DiIndonesiaAja. Keduanya merupakan gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) guna menjaga semangat para pejuang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi COVID-19.

"Kita tahu bahwa sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak di masa pandemi ini. Melalui gerakan ini, kami ingin mengajak para pelaku industri ini untuk tetap optimis," ujar Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/12/2020).

Ajakan Kemenparekraf ini mendapat sambutan baik dari deretan artis ternama Indonesia, seperti pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Ari Lasso, serta Gading Marten. Dukungan mereka terlihat lewat unggahan foto liburan di Indonesia sebelum adanya pandemi Corona.

Masyarakat pun turut menyambut baik ajakan tersebut dengan mengunggah foto dan video momen wisata di Tanah Air sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Melihat antusiasme masyarakat, Nia menyampaikan bahwa Kemenparekraf saat ini akan semakin menguatkan pesan dari gerakan #RinduWisataLagi dan #DiIndonesiaAja lewat sebuah video berisikan pesan solidaritas serta foto dan video pilihan dari netizen yang dapat dilihat di akun Instagram resmi @pesonaid_travel dan YouTube Pesona Indonesia.

Tidak hanya itu saja, disampaikan Nia jika Sandhy Sandoro akan ikut meramaikan gerakan ini. Sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu, Sandhy telah membuatkan lagu khusus.

"Kami mengapresiasi sambutan yang baik dari masyarakat atas gerakan ini. Kita semua ingin tetap optimis di masa pandemi ini," kata Nia.

"Kita semua sudah rindu berwisata lagi tapi untuk masyarakat yang sudah ingin berwisata kami mengimbau untuk jangan pernah meninggalkan protokol kesehatan dan mempraktekkan 3M, begitu pun dengan para pelaku usaha wisata," imbuhnya.

Kampanye #DiIndonesia mengajak para wisatawan domestik untuk pergi berwisata mengunjungi destinasi wisata dalam negeri, namun tetap disiplin menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) yang mengacu pada protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan diturunkan ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pedoman CHSE tersedia dalam bentuk buku panduan digital dan konten kreatif, hasil kerja sama berbagai pihak, mulai dari hotel, rumah makan, hingga sektor ekonomi kreatif lainnya dan bisa dilihat pada lamanindonesia.travel/indonesiacare.

(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA