Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Des 2020 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Nataru, Begini Situasi Kebun Binatang Bandung Sabtu Ini

Siti Fatimah
detikTravel
Suasana di Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12)
Pengunjung di Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12) (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Sebelum pandemi COVID-19, Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) menjadi salah satu objek wisata primadona wisatawan di Kota Bandung.

Namun kondisi tersebut berbeda setelah masa Adaptasi Kebiasaan Baru selama pandemi COVID-19 yang secara umum mempengaruhi pada tingkat kunjungan tempat wisata.

Marcom Bandung Zoological Garden Sulhan Syafi'i mengatakan, kunjungan libur Nataru tahun ini tidak sampai setengahnya dari kunjungan libur Nataru tahun lalu.

"Tahun lalu itu pas hari natal 25 Desember sampai 6 ribu lebih, sedangkan kita natal tahun ini hanya 600 pengunjung saja," kata Sulhan saat ditemui detikTravel, Sabtu (26/12/2020).

Suasana di Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12)Antrean tiket di loket Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12) (Siti Fatimah/detikTravel)

Pantauan detikTravel, sehari setelah perayaan Natal, kunjungan wisata Bonbin mengalami peningkatan. Terlihat dari kendaraan roda dua dan empat yang terparkir di lahan parkir Bonbin juga beberapa pengunjung yang berada di area dalam.

Meskipun ada peningkatan, Sulhan mengatakan, kunjungan wisatawan hari ini tidak sebanding dengan libur Nataru tahun lalu dan libur panjang Oktober 2020.

"Kalau tahun lalu, di hari kedua itu sampai 2.726 kunjungan, terus pas libur panjang kemarin selama empat hari total keseluruhan sampai 8.000 padahal kita hanya menargetkan 6.000. Tapi untuk libur Nataru ini kita sama sekali nggak ada target kunjungan," ujarnya.

Suasana di Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12)Suasana di Kebun Binatang Bandung hari Sabtu ini (26/12) (Siti Fatimah/detikTravel)

Kondisi ini membuatnya tidak terlalu optimis dengan peningkatan kunjungan wisatawan. "Enggak optimis kita lihat saja sampai awal tahun gimana, kalaupun naik paling di angka ratusan atau paling tinggi 1500. Karena tahun baru jatuhnya di hari Jumat. Tren kita Jumat itu titik terendah," tuturnya.

Sejak ditutup selama 100 hari lebih, Sulhan mengaku dampak pandemi COVID-19 memang belum dirasakan pulih betul. "Sekarang dihajar lagi makin ciut, kita menjaga konsistensi karyawan, terus satwa juga kalau ditutup memang beda. Biasanya sering prihatin orang terus, jadi sepi mereka juga kelihatannya beda, jadi ada hubungannya dengan emosional hewan," katanya.

Di sisi lain, protokol kesehatan pun tetap digaungkan. Beberapa kali, petugas melakukan imbauan protokol kesehatan seperti mencuci tangan di wastafel yang disediakan dan memakai masker. Imbauan tersebut disampaikan melalui pengeras suara dan petugas di lapangan.

Beberapa wahana yang tersedia saat AKB di Kebun Binatang yaitu, atraksi hewan satwa setiap hari pada pukul 11.00 WIB, memberi pakan burung di kubah, memberi pakan jerapah, dan tempat makan yang berdekatan dengan kandang terbuka Singa.



Simak Video "Perjuangan Bandung Zoo Dihantam Pandemi, Terpaksa Pangkas Gaji Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA