Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Des 2020 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Update Rapid Test Antigen: Cara Akses dan Lokasi Wisata yang Mewajibkan

Rosmha Widiyani
detikTravel
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan inspeksi ke Stasiun Tugu. Di sana ia meninjau penerapan rapid test antigen bagi para pemudik di stasiun itu.
Foto: Agus Septiawan/Detikcom/Update Rapid Test Antigen: Cara Akses dan Lokasi Wisata yang Mewajibkan
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan keinginan masyarakat menikmati libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020. Masyarakat pilih melakukan rapid test antigen daripada tidak liburan.

Pemerintah mewajibkan rapid test antigen pada masyarakat yang hendak bepergian jauh dengan transportasi umum. Beberapa lokasi wisata juga mewajibkan pengunjung melakukan rapid test antigen.

Dalam arsip berita detikcom, beberapa lokasi wisata mulai menerapkan kewajiban rapid test antigen. Namun ada yang belum menerapkan aturan ini pada pengunjungnya.

Daftar lokasi wisata yang belum dan wajib rapid test antigen

A. Daftar lokasi wisata wajib rapid test antigen

Daftar ini kemungkinan berubah seiring upaya antisipasi COVID-19 yang disiplin. Berikut daftarnya hingga Jumat (25/12/2020):

1. Candi Borobudur

Kewajiban rapid test antigen bagi pengunjung Candi Borobudur diterapkan mulai Kamis (24/12/2020). Pengunjung yang tidak memenuhi syarat ini dilarang masuk lokasi wisata.

"Fokus pada protokol kesehatan lebih diutamakan. Penambahan petugas untuk mengatur, mengarahkan, atau mengingatkan pengunjung selalu jaga jarak, tetap pakai masker," kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana.

2. Kawasan Wonosobo

Kawasan wisata Wonosobo, Jawa Tengah, mewajibkan pengunjung melakukan rapid test antigen lebih dulu. Upaya ini dianggap mampu mencegah munculnya klaster baru saat libur akhir tahun.

"Telah diterbitkan surat resmi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, yang mewajibkan para pengunjung dari luar daerah untuk menunjukkan hasil rapid test antigen," kata Sekretaris Daerah Wonosobo One Andang Wardoyo.

B. Daftar lokasi wisata belum wajib rapid test antigen

Sama seperti lokasi wisata yang mewajibkan rapid test antigen, daftar ini bisa berubah kapan saja. Karena itu pengunjung disarankan update informasi lebih dulu sebelum berkunjung.


Tempat wisata mana saja yang belum mewajibkan rapid test antigen?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA