Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Des 2020 17:02 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Lihat What Did Hubble See on Your Birthday? Ini Lokasi Teropong Bintang di Indonesia

Puti Yasmin
detikTravel
A NASA helicopter escorts the crew to Launch Pad 39-A, Wednesday, May 27, 2020, at Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla. Two astronauts will fly on the SpaceX Demo-2 mission to the International Space Station scheduled for launch Wednesday. (AP Photo/David J. Phillip)
Foto: AP/David J. Phillip/Mau Lihat What Did Hubble See on Your Birthday? Ini Lokasi Teropong Bintang di Indonesia
Jakarta -

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki fitur What Did Hubble See on Your Birthday untuk masyarakat yang ingin melihat peristiwa langit yang terjadi di ulang tahunnya. Cara mengeceknya cukup dengan mengakses situs resmi NASA.

Untuk diketahui, Hubble adalah teleskop luar angkasa milik NASA yang telah diluncurkan sejak tahun 1990. Hubble sendiri telah memperoleh banyak gambar alam semesta setiap tahunnya.

Menariknya, masyarakat bisa mengecek kondisi langit atau alam semesta di hari ulang tahunnya. Caranya dengan membuka situs NASA Hubble di alamat. Kemudian, pilih bulan dan tanggal ulang tahun dan klik Submit untuk melihat hasilnya.

Nah setelah melihat hasil What Did Hubble See on Your Birthday, detikers juga bisa melihat kondisi langit langsung dengan mendatangi lokasi teropong di Indonesia juga lho.

Lokasi Teropong di Indonesia:

  • 1. Taman Pintar Yogyakarta, DI Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta. Lokasi ini diresmikan pertama kali pada tahun 2008 dan menjadi lokasi edukasi sains khususnya di bidang teknologi informasi.

Dalam lokasi ini terdapat planetarium sekaligus observatorium di mana pengunjung bisa melihat kondisi langit melalui teropong.

  • 2. Taman Ismail Marzuki, Jakarta

Planetarium Taman Ismail Marzuki menjadi salah satu tempat wisata yang populer dikunjungi masyarakat saat ingin melihat kondisi langit. Dengan adanya observatorium pengunjung juga bisa menggunakan teropong.

Jika tertarik, detikers bisa mengunjungi planetarium Taman Ismail Marzuki di alamat Jalan Cikin Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

  • 3. Observatorium Bosscha, Bandung

Observatorium Bosscha yang terletak di alamat Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Bandung ini merupakan lokasi melihat teropong pertama di Indonesia. Lokasi ini juga merupakan peninggalan bangsa Belanda.

  • 4. Planetarium Loka Jala Crana, Surabaya

Walaupun dikenal sebagai museum, Loka Jala Crana juga memiliki planetarium. Pengunjung bisa melihat berbagai benda-benda langit melalui teleskop dan belajar mengenai alam semesta di tempat ini.

Untuk berkunjung ke sini, detikers bisa menuju ke alamat Akademi TNI Angkatan Laut, Jalan Moro Krembangan, Bumimoro, Surabaya.

  • 5. Observatroium Jagad Raya, Kalimantan Timur

Lokasi terakhir untuk melihat kondisi langit secara langsung berada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi ini pertama kali didirikan pada tahun 2020 dan memiliki teleskop untuk melihat kondisi, benda alam semesta di langit.

Detikers, jangan lupa cek What Did Hubble See on Your Birthday ya!



Simak Video "Pendaratan Mulus Robot Canggih Perseverance NASA di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA