Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pemda Garut Rapid Test Acak Wisatawan yang Datang ke 5 Tempat Wisata Ini

Hakim Ghani
detikTravel
Hari Kedua Libur Nataru, Objek Wisata Cipanas Sepi
Objek wisata Cipanas (Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Meski tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, wisatawan tetap berkunjung ke sejumlah tempat wisata yang ada di Garut. Pemda mengantisipasi penularan virus COVID-19 dengan melakukan Rapid Test Antigen secara acak.

Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, pihaknya saat ini tengah melakukan Rapid Test Antigen kepada wisatawan di lima tempat wisata utama yang kerap dipenuhi wisatawan di Garut.

Kelima tempat wisata tersebut adalah Cipanas, Darajat, Papandayan, Pantai Santolo serta Pantai Sayang Heulang.

"Itu ada lima tempat yang kita siapkan untuk pemeriksaan Rapid Antigen. Cipanas, Pasirwangi (Darajat), Papandayan, kemudian di selatan ada Santolo dan Sayang Heulang. Itu yang biasa padat," ucap Helmi kepada wartawan, Jumat (1/1/2021).

Helmi mengatakan, Rapid Test Antigen akan dilakukan secara acak ke para wisatawan yang datang ke lima lokasi wisata tersebut. Tujuannya, agar kemungkinan penyebaran virus COVID-19 di kawasan wisata bisa cepat diketahui dan ditanggulangi.

"Minimal di lima titik itu dulu. Idealnya memang ada 8 titik pemeriksaan," kata Helmi.

Untuk melaksanakannya, Pemda menyediakan lebih dari seribuan alat Rapid Test Antigen. Alat tersebut dibeli Pemda karena droping dari pusat di provinsi habis.

"Kita minta beli seribu alat lagi supaya (tes virus COVID-19 menggunakan Rapid Test Antigen) bisa dilakukan di lima titik," tutup Helmi.

Dalam pantauan detikcom beberapa waktu lalu, wisata Cipanas Garut terlihat saat hari kedua libur Natal 2020 dan tahun baru 2021. Suasana tampak lengang tak seperti tahun-tahun sebelumnya Ada wisatawan yang datang, namun tidak sebanyak tahun lalu di hari kedua libur akhir tahun.

Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Masrokhan mengatakan, para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Cipanas hanya didominasi warga dari sekitaran Garut.



Simak Video "13 Orang Sindikat 'Bola Sabu' 402 Kg di Sukabumi Divonis Mati!"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA