Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Jan 2021 17:49 WIB

TRAVEL NEWS

Goa Sunyaragi Jadi Tempat Wisata Alternatif Pas Tahun Baru

Sudirman Wamad
detikTravel
Goa Sunyaragi, Cirebon
Foto: Sudirman Wamad/detikTravel
Cirebon -

Pengunjung wisata Taman Air Goa Sunyaragi di Kota Cirebon, Jawa Barat, melonjak saat libur awal tahun ini. Goa Sunyaragi menjadi wisata alternatif di tengah pandemi virus Corona.

Wakil Kabag Pemandu dan Pemeliharaan Goa Sunyaragi Puja Juhaedi mengatakan momentum libur awal tahun yang bersamaan dengan akhir pekan menjadi salah satu faktor melonjaknya jumlah wisatawan. Puja bilang kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung di Goa Sunyaragi pada libur awal tahun ini tak jauh berbeda dengan libur Natal 2020.

Goa Sunyaragi, CirebonGoa Sunyaragi, Cirebon Foto: Sudirman Wamad/detikTravel

"Ya ada peningkatan, tapi tidak seperti kenaikan biasanya saat belum ada pandemi. Natal dan Tahun Baru naik (pengunjung) semua, sehari bisa 200 sampai 400 pengunjung," kata Puja saat berbincang dengan detikcom di Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2021).

Puja menyebut kenaikan jumlah pengunjung saat libur awal tahun ini meningkat 30 persen dibandingkan hari normal saat pandemi. Menurut Puja, selama pandemi jumlah pengunjung Goa Sunyaragi saat hari normal rata-rata sekitar 100 wisatawan.

"Kalau dibandingkan sebelum ada COVID-19 tentu menurun drastis. Penurunannya bisa 75 persen.. Alhamdulillah sekarang ada kenaikan walaupun tidak biasa," kata Puja.

Goa Sunyaragi, CirebonGoa Sunyaragi, Cirebon Foto: Sudirman Wamad/detikTravel

Sementara itu, salah seorang pengunjung Mastari mengajak anak-anaknya berkunjung di Goa Sunyaragi. Menurut Mastari, Goa Sunyaragi merupakan wisata edukasi sejarah bagi anak-anak.

"Ya yang dekat-dekat saja. Ini kan bisa jadi sarana belajar sejarah anak. Kemudian, pertimbangannya adalah tempatnya terbuka, jadi ada rasa aman terkait COVID-19," kata Mastari.

Pengelola wisata Taman Goa Sunyaragi menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung. Pengelola mewajibkan pengunjung mengenakan masker dan menyediakan hand sanitizer, serta tempat cuci tangan. Pengelola juga meminta agar pengunjung tetap jaga jarak.



Simak Video "Pekerja Perbaikan Jalan Tol Japek Tewas Ditabrak Truk"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA