Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 15:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mini Zoo di Kuningan Bisa Jadi Pilihan Nikmati Liburan Awal Tahun

Bima Bagaskara
detikTravel
Wisata Edukasi Mini Zoo
Foto: Mini Zoo Kuningan (Bima Bagaskara/detikcom)
Jakarta -

Berkunjung ke 'Mini Zoo' atau kebun binatang mini yang ada di objek wisata J&J Kabupaten Kuningan, Jawa Barat bisa jadi pilihan menikmati momen libur tahun baru bersama keluarga.

Selain bertamasya, tentunya wisatawan bisa memberikan edukasi kepada anak-anak tentang berbagai satwa yang ada di objek wisata ini.

Terletak di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, objek wisata J&J sejatinya merupakan tempat rekreasi keluarga dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, wahana bermain anak, rumah makan bahkan ada pula pesawat Fokker 100 yang nangkring di area wisata J&J.

Wisata Edukasi Mini ZooWisata Edukasi Mini Zoo Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Namun selain itu, objek wisata J&J ini juga memiliki beragam koleksi satwa seperti reptil hingga primata yang mungkin jarang sekali orang lihat. Tentunya satwa-satwa tersebut berada di dalam kandang dan diawasi langsung oleh petugas.

Adapun jenis-jenis satwa yang ada di objek wisata J&J ini diantaranya ialah beragam jenis reptil seperti ular, iguana, kadal hingga buaya muara. Kemudian ada juga jenis satwa seperti burung, kera, kijang, kuda serta bergaram jenis ikan.

Wisata Edukasi Mini ZooWisata Edukasi Mini Zoo Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Keberadaan satwa-satwa tersebut tentunya menarik banyak minat wisatawan untuk datang ke objek wisata J&J. Seperti halnya yang dilakukan Aslah, warga asal Beber, Cirebon. Bersama istri dan anaknya, Aslah datang menikmati libur akhir tahun sembari mengenalkan anaknya tentang satwa-satwa yang menjadi koleksi di wisata J&J.

"Ke sini lagi liburan sama keluarga dari Beber Cirebon. Disini bagus buat anak-anak sekalian edukasi, liat-liat satwa, foto-foto," kata Aslah saat diwawancarai Jumat (1/1/2021).

Wisata Edukasi Mini ZooWisata Edukasi Mini Zoo Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Aslah yang baru pertama kali berkunjung ke wisata J&J ini mengungkapkan, menikmati liburan di tempat wisata di tengah pandemi COVID-19 membuatnya sedikit merasa khawatir. Namun Ia tetap memilih berlibur lantaran sudah berbulan-bulan tidak pernah bepergian keluar daerah.

"Di masa pandemi ini perasaannya sedikit was-was juga liburan gini, cuma kita tetap ikuti protokol kesehatan pakai masker dan sebisa mungkin jaga jarak menghindari kerumunan disini," pungkasnya.

Wisatawan yang datang tidak hanya bisa melihat berbagai satwa yang ada, namun juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa seperti kijang, burung dan kuda. Anak-anak khususnya diperbolehkan memberi makan kijang, berfoto dengan burung kakak tua dan berkeliling menaiki kuda.

Selain berbagai jenis satwa yang bisa dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak, di objek wisata J&J ini juga terdapat kolam renang serta wahana bermain seperti ayunan, trampolin dan mandi bola.

Feni Septiani salah satu wisatawan lainnya yang berasal dari Gegesik, Cirebon mengaku objek wisata J&J ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan keluarga terutama bagi yang membawa anak-anak.

"Sengaja datang liburan sama keluarga. Tadi liat monyet, ular, ada buaya juga, ada kolam renang anak juga. Jadi ke sini cocok kalo bawa anak," singkat Feni.

Wisata Edukasi Mini ZooWisata Edukasi Mini Zoo Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Sementara itu pemilik objek wisata J&J Kiki Al-Farizi mengaku di momen libur tahun baru ini pihaknya tetap membatasi jumlah wisatawan yang masuk maksimal 50 persen dari kapasitas.

"Kalau di dalam penuh ya yang mau masuk ditahan dulu di luar jadi pintu ditutup. Kapasitas sekarang hanya 500 orang yang boleh di dalam dari kapasitas maksimal 1.000 orang," ujar Kiki.

Untuk harga tiket masuk ke objek wisata J&J ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp 12 ribu untuk hari biasa dan Rp 14 ribu untuk weekend.



Simak Video "Wisata Budaya Tradisi Sedekah Bumi dari Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA