Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Des 2020 15:28 WIB

TRAVEL NEWS

Terpuruk Akibat COVID, Siswa SMP Bantu Pakan Satwa di Serulingmas Zoo

Uje Hartono
detikTravel
Serulingmas Zoo
Siswa dan siswi SMPN 2 Batur (Uje Hartono/detikTravel)
Banjarnegara -

Kepedulian terhadap satwa ditunjukan siswa SMPN 2 Batur, Banjarnegara. Mereka memberikan donasi pakan satwa kepada Serulingmas Zoo yang terkena dampak pandemi virus Corona atau COVID-19.

Bantuan tersebut berupa sayuran wortel sebanyak 2 kwintal. Setelah diserahkan, para siswa pun ikut membantu memberikan pakan tersebut untuk satwa rusa.

"Kami sangat senang dan bangga karena bisa ikut membantu pakan satwa ini. Mengingat selama pandemi COVID-19 ini, banyak kebun binatang yang kekurangan pakan. Termasuk di Serulingmas Zoo ini. Apalagi bisa ikut memberi makan secara langsung. Ini pengalaman pertama bagi kami," kata salah satu siswa SMPN 2 Batur Safira Zahrina Jinan pada detikTravel di Serulingmas Zoo, Sabtu (26/12/2020).

Menariknya, sayuran ini merupakan hasil tanaman para siswa itu sendiri. Yakni melalui ekstrakurikuler pertanian yang ditanam di lingkungan sekitar sekolah yang berada di dataran tinggi Dieng.

"Sayuran wortel ini kami juga yang menanam di sekolah. Karena memang di sekolah kami ada ekstrakurikuler pertanian," ujarnya.

Serulingmas ZooKegiatan para siswa di Serulingmas Zoo saat liburan (Uje Hartono/detikTravel)

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 2 Batur Agus Supriyanto menyampaikan, sayuran wortel yang didonasikan sebanyak 2 kwintal. Sayuran ini merupakan hasil yang ditanam para siswa di lahan seluas 400 meter persegi.

"Ada lahan sekitar 400 meter persegi di sekolah yang ditanami wortel. Kemudian dengan adanya pandemi ini banyak kebun binatang yang membutuhkan pakan satwa. Sehingga para siswa ini inisiatif untuk mendonasikan hasil panennya," terangnya.

Dengan adanya donasi satwa ini diharapkan mampu membangkitkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. Termasuk juga satwa di kebun binatang yang terkena dampak virus Corona.

"Ini juga untuk membekali siswa untuk peduli terhadap satwa. Siswa juga bisa menerapkan di rumah apa yang telah diajarkan di sekolah," tuturnya.

Sementara itu, karyawan Serulingmas Zoo Puji Lestari mengatakan, pihaknya sudah membuka donasi pakan sejak Bulan Juni 2020 lalu. Mengingat sebelumnya sempat tutup selama tiga bulan mulai Bulan Maret 2020 lalu.

"Selama pandemi ini kami memang sudah membuka donasi untuk pakan satwa. Karena memang sempat tutup 3 bulan. Jadi kami terus melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membuka donasi ini," jelasnya.

Perihal donasi pakan ini, akan diberikan kepada rusa. Saat ini, di Serulingmas Zoo terdapat 54 ekor.

"Tentu kami ucapkan terima kasih atas donasi pakan ini. Nantinya akan diberikan kepada rusa. Di sini jumlah totalnya ada 54 ekor rusa," sebutnya.



Simak Video "Bupati Jadi Tersangka KPK, Warga Banjarnegara Cukur Gundul"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA