Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jan 2021 18:19 WIB

TRAVEL NEWS

Masa Berlaku Rapid Antigen untuk Penerbangan Pesawat

Tim detikcom
detikTravel
Rapid Test Antigen di Bandara Soetta
Foto: Rapid Test Antigen di Bandara Soetta (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)/Masa Berlaku Rapid Antigen untuk Penerbangan Pesawat
Jakarta -

Pemerintah mewajibkan rapid test antigen bagi masyarakat yang bepergian selama liburan Natal dan Tahun Baru. Namun masa berlaku rapid antigen untuk contohnya penerbangan pesawat hanya sebentar.

Dalam situs Garuda Indonesia disebutkan, berdasarkan ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 masa berlaku rapid antigen untuk pesawat:

1. Penerbangan dari/ke/intra Pulau Jawa yakni surat kesehatan dengan hasil negatif dari hasil tes rapid antigen berlaku maksimal 3 x 24 jam.

Atau hasil negatif dari hasil tes RT-PCR berlaku maksimal 7 x 24 jam sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan

2. Penerbangan bukan dari/ke/intra Pulau Jawa yakni surat kesehatan dengan hasil negatif dari hasil tes PCR/ rapid antigen atau hasil non-reaktif dari hasil tes rapid antibodi berlaku maksimal 14 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan.

Peraturan rapid antigen juga sesuai dengan peraturan Kemenhub tentang Juklak Perjalanan Orang untuk transportasi udara (SE Dirjen Perhubungan Udara No. 22 Tahun 2020).

Hal ini menindaklanjuti SE Satgas COVID-19 no 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Peraturan ini berlaku mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Untuk kereta jarak jauh, Kemenhub juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

PT KAI mewajibkan setiap pengguna jasa kereta api jarak jauh di Pulau Jawa untuk menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen.

Penumpang KA Jarak Jauh di Pulau Jawa termasuk DKI Jakarta diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang berlaku selama 3 hari sebelum tanggal keberangkatan.



Simak Video "Jelang Imlek, Ada Tes Acak Covid-19 ke Pengguna Jalan di Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA