Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

20 Maskapai Teraman Dunia Tahun 2021

Pesawat Boeing 747 milik Qantas Airways resmi dipensiunkan. Pesawat jumbo jet itu diketahui telah terbang bersama maskapai  Australia ini selama 49 tahun.
Pesawat Qantas. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Situs pemeringkat kualitas maskapai kembali merilis maskapai teraman dunia untuk tahun 2021. Maskapai Australia kembali menjadi juara.

Situs AirlineRatings.com yang berbasis di Australia itu mengukur keamanan maskapai berdasarkan sejumlah kriteria yaitu catatan kecelakaan dan insiden serius, audit dari badan pengatur dan industri, audit pemerintah, inisiatif keselamatan terkemuka di industri, dan usia armada.

Pemimpin redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas menjelaskan bahwa di masa pandemi COVID-19 ini, keamanan menjadi unsur terpenting yang dilihat konsumen.

"Mereka tidak menerima begitu saja dan tingkat penilaian kami meningkat tiga kali lipat selama enam bulan terakhir tentang berbagai masalah keamanan, tidak hanya COVID-19," kata Thomas.

Meski di tengah pandemi, penilaian terhadap maskapai-maskapai dunia tetap dilakukan. Ada 385 maskapai yang dinilai oleh AirlineRatings.com. AirlineRatings.com kemudian memilih 20 maskapai dengan nilai tertinggi.

"Tantangan tahun ini adalah jumlah maskapai penerbangan yang terbang, meskipun 20 maskapai penerbangan teraman teratas kami terus terbang atau memiliki penerbangan terbatas," ujar Thomas.

Hal-hal yang menjadi penilaian adalah catatan kecelakaan penerbangan, insiden serius serta usia pesawat yang masih digunakan. Poling dan ulasan para penumpang juga masuk perhitungan.

Thomas menekankan bahwa 20 maskapai itu telah melakukan hal yang luar biasa.

"Faktanya, hanya ada sedikit yang mencapai 20 besar, mereka semua menonjol," katanya seperti dikutip dari CNN.

Laporan yang diluncurkan pada Senin (4/1/2021) itu menobatkan Qantas Airways sebagai maskapai teraman di dunia tahun 2021. AirlineRatings.com menyoroti komitmen Qantas untuk melatih kembali pilot sebelum kembali bekerja di masa pandemi COVID-19. Pilot Qantas 737 harus menjalani kursus enam hari sebelum kembali mengudara, termasuk satu hari yang berfokus untuk latihan kebugaran.

Sebelumnya, Qantas juga menyandang gelar maskapai teraman pada 2014-2017, lalu 2019-2020. Qantas juga dinilai mampu mempertahankan komitmen keselamatan dan inovasi selama 100 tahun mengudara.

Pada tahun 2018, AirlineRatings.com tidak dapat menemukan pemenang yang jelas karena hasil poin tertingginya kembar. Namun di tahun 2019, Qantas kembali muncul sebagai pemenang

Inilah daftar 20 maskapai teraman dunia tahun 2021:

1. Qantas
2. Qatar Airways
3. Air New Zealand
4. Singapore Airlines
5. Emirates
6. EVA Air
7. Etihad Airways
8. Alaska Airlines
9. Cathay Pacific Airways
10. British Airways
11. Virgin Australia/Virgin Atlantic
12. Hawaiian Airlines
13. Southwest Airlines
14. Delta Air Lines
15. American Airlines
16. SAS
17. Finnair
18. Lufthansa
19. KLM
20. United Airlines



Simak Video "Padang Mengatas di Sumbar, New Zealand-nya Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA