Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2021 19:21 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Lounge Pribadi Garuda, Tempat Pilot-Pramugari Berkenalan

Crew Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Crew Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Ruangan ini ada di setiap bandara dan mungkin di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta jadi yang terbesar di Indonesia. Di sini, awak kabin pesawat bersiap-siap sampai berkenalan satu sama lain sebelum terbang.

Nama ruangan yang mirip lounge itu yakni Crew Center. Di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, ruangan Garuda Indonesia.

"Air crew akan masuk dan meletakkan kopernya di tempat yang sudah disediakan lalu datang ke meja komputer melakukan check-in. Kalau kita di kantor sudah seperti absen," kata VP Flight Attendant Citilink, Elis Purnomo, mengawali penjelasannya beberapa waktu lalu, saat mengecek kesiapan angkutan libur Natal dan tahun baru bersama direksi Garuda Indonesia.

Ruangan Crew Center ini memang tak bisa dimasuki sembarang orang. Ada berbagai bilik atau kamar lagi di dalamnya.

Kata Elis, kru yang check-in akan terkoneksi dengan sistem pengontrol. Jadi mereka tahu jam berapa check-in. Kemudian keberadaan mereka dimonitor sampai menit yang seharusnya di mana kru itu harus hadir.

"Di menit tertentu, sekitar 40 menit waktu mereka reporting time, kru akan diabsen dan apabila tidak hadir akan diganti dengan kru yang lain yang reserve," jelas Elis.

Lebih lanjut, selesai check-in, para kru akan menuju ke sebuah ruangan di mana kru kokpit dan kabin melakukan briefing. Segala hal-hal mengenai persiapan, data-data flight akan dilakukan di dalam suatu ruangan Crew Center itu.

Crew Center Terminal 3 Bandara Soekarno HattaCrew Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Crew Center Terminal 3 Bandara Soekarno HattaVP Flight Attendant Citilink, Elis Purnomo (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

"Setelah selesai, kokpit kru dan kabin kru akan mengambil posisi di mana melakukan pre-flight briefing," tegas Elis.

"Jadi pada saat itu mereka bertemu berkenalan bersama-sama memulai satu sinergi bekerja sama sebagai satu tim. Setelah briefing sesuai semua SOP, sudah lengkap siap, kemudian mereka menuju ke pesawat," imbuh dia.

Tak berhenti di situ untuk flow atau alur yang dilakukan awak kabin di Crew Center ini. Pilot dan pramugari akan melalui satu prosedur penting lagi, yakni tes kesehatan meliputi tekanan darah dan tes alkohol.

"Salah satu prosedur lagi yang harus dilakukan flight attendant maupun pilot yakni melakukan pre-flight medical check-up. Yaitu dicek kesiapan untuk terbang dari sisi kesehatannya," jelas Elis.

"Dilakukan blood pressure, terutama tes bila ada alkohol. Lalu ada rapid test dan kemudian mungkin dilakukan antigen," imbuh dia.

*** Sebelumnya, artikel ini berjudul 'Ini Lounge Pribadi Garuda-Citilink, Tempat Pilot-Pramugari Berkenalan' dan diubah menjadi 'Ini Lounge Pribadi Garuda, Tempat Pilot-Pramugari Berkenalan'.

Crew Center milik Citilink ada di lokasi yang berbeda. Namun alur kerjanya seperti yang dijabarkan di atas.



Simak Video "Mudik Dilarang, Belum Ada Lonjakan di Bandara Soekarno-Hatta"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA