Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jan 2021 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dikira Uang Mainan, Dollar Santa Ternyata Beneran Ada Lho

Uang Dollar bergambar Sinterklas
Foto: Uang Dollar Santa (Reddit)
Salt Lake City -

Jangan kaget kalau ketemu uang USD 1, tapi gambarnya Santa Klaus. Jangan dibuang dulu, uang Santa Klaus itu bukan uang mainan, tapi uang beneran dan bisa buat belanja.

Seorang pemilik toko di negara bagian Utah, Amerika Serikat kaget bukan kepalang ketika mereka menerima uang pecahan USD 1 dengan gambar Santa Klaus, alih-alih gambar George Washington.

Karen takut uang tersebut uang palsu, mereka pun mengirimkan foto tersebut kepada otoritas terkait guna memastikan apakah uang tersebut palsu atau tidak.

Jawaban mengejutkan diterima oleh si pemilik toko. Uang tersebut ternyata uang asli dan berlaku sebagai alat tukar yang sah di bawah peraturan hukum Amerika Serikat.

Kok Bisa?

Ternyata, ada kisah di balik mata uang pecahan USD 1 dengan gambar Santa Klaus tersebut. Semua kembali ke era tahun 1980-an, uang tersebut dikenal sebagai uang 'Dollar Santa'.

Uang Dollar bergambar SinterklasUang Dollar bergambar kelinci Foto: (Reddit)

Sesuai dengan namanya, uang Dollar Santa memiliki gambar Santa Klaus yang menutupi potret Presiden AS, George Washington di bawahnya. Uang ini dikeluarkan dalam rangka promosi musim liburan spesial yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Pecahannya bisa merupa US$ 1 atau US$ 2. Jika musim liburan tiba, uang Dollar Santa ini jadi kado yang sangat populer di masa itu. Biasanya, orang akan mengirimkan uang Dollar Santa ini bersama dengan kartu ucapan Selamat Liburan.

Uang Dollar Santa ini didaftarkan di bawah nama Ltd First Editions, Inc. Itu berarti uang ini sudah memenuhi kriteria dari Departemen Keuangan AS.

"Sejak tahun 1985, Dollar Santa telah menaikkan jutaan dollar amal di seluruh Amerika Serikat," bunyi pernyataan resmi di situs tersebut.

Sejak saat itu, sudah banyak seniman yang diajak kerja sama untuk tampil sebagai gambar di Dollar Santa dan juga di kartu ucapan.

Sekadar informasi tambahan, bila traveler tidak ingin menyimpan Dollar Santa sebagai souvenir atau koleksi memorabilia, namun ingin menggunakannya untuk membeli barang, sebaiknya stiker Santa Klaus yang menutupi gambar Presiden AS itu dilepas saja, sehingga bisa berlaku sebagai mata uang biasa.



Simak Video "Rupiah Paling Kuat Tekan Dolar Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA