Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 20:13 WIB

TRAVEL NEWS

Lukisan Salinan Salvator Mundi Berumur 500 Tahun Akhirnya Ditemukan

Kopian lukisan Salvator Mundi
Foto: Lukisan salinan Salvator Mundi di Museum San Domenico Maggiore (San Domenico Maggiore)
Napoli -

Lukisan salinan Salvator Mundi yang hilang akhirnya ditemukan di sebuah flat. Polisi curiga ada pencurian yang bergerak di perdagangan internasional.

Dikutip dari NDTV, Kamis (21/1/2021) lukisan salinan karya Leonardo Da Vinci tersebut ditemukan di lemari seorang pemilik apartemen berusia 36 tahun. Menggambarkan Yesus Kristus dengan tangan terangkat, lukisan itu merupakan bagian dari koleksi Museum Doma di kompleks gereja San Domenico Maggiore di Napoli, Italia.

Pada tahun 2017, karya tersebut menjadi lukisan termahal yang pernah dijual. Harganya mencapai USD 450 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun!

Lukisan minyak itu diyakini karya seniman Giacomo Alibrandi. Berusia sekitar 500 tahun, lukisan tersebut sudah ada sejak awal tahun 1.500.

Namun tak ada yang menyadari hilangnya lukisan tersebut. Soalnya, museum di mana gambar itu berada tak dikunjungi wisatawan berbulan-bulan karena pembatasan perjalanan.

"Lukisan itu ditemukan Sabtu, berkat operasi polisi yang brilian dan rajin," kata Jaksa Napoli, Giovanni Melillo.

"Tak ada keluhan mengenai masalah ini dan sebenarnya kami telah menghubungi (gereja) sebelumnya, yang tidak mengetahui hilangnya (lukisan) karena tempat lukisan itu belum dibuka selama tiga bulan," imbuhnya.

Setelah mengembalikan lukisan ke gereja, kini polisi menyelidiki bagaimana lukisan tersebut bisa dicuri. Tak ada tanda-tanda pembobolan.

"Siapapun yang mengambil lukisan itu menginginkannya dan masuk akal bahwa itu adalah pencurian yang ditugaskan oleh organisasi yang bergerak di perdagangan seni internasional," tambahnya.

Pria yang ditangkap tersebut mengaku dia membeli tulisan tersebut di pasar loak.

Sebelumnya, sketsa wajah Yesus karya Leonardo Da Vinci pun ditemukan setelah berabad-abad hilang. Gambar tersebut dibuat di atas kertas dengan kapur berwarna merah.



Simak Video "Cafe Tertua di Jalan Braga Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA