Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Apakah Pesawat Tua Aman Diterbangkan? Ini Kata Citilink

Putu Intan
detikTravel
Pesawat Airbus A320 milik maskapai Citilink jadi pesawat komersial pertama yang mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Penasaran? Lihat yuk
Pesawat Citilink. Foto: Ristu Hanafi
Jakarta -

Pemerintah Indonesia tak mengatur batas usia kelayakan terbang pesawat. Lantas, apakah pesawat tua aman jika diterbangkan?

Dalam perbincangan detikcom bersama Citilink beberapa waktu lalu, usia pesawat tak jadi jaminan pesawat aman atau tidak jika diterbangkan. VP Engineering & Maintenance PT Citilink Indonesia Azwar Anas menjelaskan, pesawat akan aman diterbangkan bila rajin dirawat.

"Sama saja menerbangkan pesawat tua atau muda karena Citilink sudah berkomitmen melakukan maintenance yang rutin dan sesuai interval," kata Anas.

Ia juga mengatakan bahwa peraturan di Indonesia tidak mengatur tentang batas usia pesawat boleh diterbangkan. Itu semua tergantung dari hasil perawatan pesawat yang juga dinilai oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKKPU) Kementerian Perhubungan.

"Selama pesawat itu dirawat dan masih dikeluarkan sertifikat kelayakan udaranya oleh Departemen Perhubungan selaku regulator, umur berapapun pesawat itu masih boleh terbang," ujarnya.

Jika dilihat dari Keputusan Menteri Perhubungan 115 Tahun 2020, memang tidak ada batasan sampai usia berapa pesawat boleh terbang. Hanya saja, aturan ini membatasi usia pesawat yang akan diterbangkan untuk pertama kalinya.

Berikut ini penggalan Keputusan Menteri 115 Tahun 2020:

Batas usia pesawat yang didaftarkan dan dioperasikan untuk pertama kali di wilayah Indonesia, dengan ketentuan:

a. Pesawat Terbang Kategori Transpor untuk angkutan udara penumpang paling tinggi berusia 20 (dua puluh) tahun

b. Pesawat Terbang Selain Kategori Transpor untuk angkutan udara penumpang paling tinggi berusia 25 (dua puluh lima) tahun

c. Pesawat Terbang Kategori Transpor dan Pesawat Terbang Selain Kategori Transpor untuk angkutan udara khusus kargo (freighter) batas usia pesawat udara sesuai dengan penggunaan pesawat udara (flight hour) dan/atau flight cycle pesawat udara sesuai dengan ketentuan pabrikan (manufacturer) dan

d. Helikopter paling tinggi berusia 25 (dua puluh lima) tahun.

Citilink sendiri berkomitmen untuk melakukan perawatan pesawat secara disiplin, termasuk untuk pesawat yang diparkir di masa pandemi COVID-19 ini.

"Selama pesawat tidak digunakan, ada special maintenance, dan itu juga dibagi-bagi intervalnya. Ada yang tahap awal kita running semua engine (menyalakan seluruh mesin) termasuk hidroliknya. Setiap 7 hari, setiap 15 hari, dan setiap 30 hari ada maintenance yang harus dikerjakan," kata Anas.



Simak Video "Pesawat Lama Diparkir, Citilink Tetap Rutin Lakukan Perawatan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA