Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Feb 2021 22:04 WIB

TRAVEL NEWS

Wuhan Sambut Imlek di Jalanan

Femi Diah
detikTravel
Wisata Wuhan
Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Wuhan -

Menjelang tahun baru Imlek, Wuhan menggeliat. Warga memadati jalan-jalan di pusat kota untuk berbelanja atau menyiapkan dekorasi menyambut tahun kerbau.

Imlek tahun ini dimulai 12 Februari dan berakhir 15 hari kemudian saat Cap Go Meh. Menjelang tahun baru Imlek, segalanya hampir kembali normal di Wuhan, yang telah bebas dari virus Corona selama berbulan-bulan.

"Saya merasa senang," kata Song Bo, 33, yang bekerja di industri otomotif, seperti dikutip Reuters, Kamis (11/2/2021).

"Tahun lalu, kami hanya tinggal di rumah tanpa melakukan apa-apa atau tidur di rumah setiap hari. Tahun ini, meskipun kami masih harus memakai masker, jauh lebih baik," dia menambahkan.

Beberapa pemilik toko juga optimistis dengan bisnisnya kini. Termasuk para penjual asesoris Imlek.

"Ketika kota ditutup, tidak ada seorang pun di jalan," kata Li Hong Gang, seorang penjual lentera.

"Sekarang, bisnis pulih dan saya puas dengan penjualan saya," dia menambahkan.

Pulihnya kota Wuhan dari pandemi COVID-19 menjadi sorotan dunia. Warga telah merayakan sejumlah pesta tahunan dengan berkerumun. Bahkan, di salah satu acara merayakannya di kolam renang.

Situasi sedikit berbeda terjadi di pasar basah yang menjual hasil bumi hidup. Para pedagang di pasar basah masih merasakan imbas lockdown.

Penjaga toko Wu Xiuhong mengatakan penjualan harian di tokonya yang menjual kacang telah turun setengah tahun ini dari biasanya, Saat Imlek biasanya dia meraup 40.000 yuan atau sekitar Rp 86,5 juta. "Ini menyedihkan. Tahun ini terlalu buruk. Kami biasanya memiliki 10 staf tetapi tahun ini kami dapat menangani toko hanya dengan empat," kata Wu.



Simak Video "Sambut Tahun Baru Imlek, Warga Solo Berpakaian Adat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA