Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Feb 2021 11:37 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Pangandaran Sepi Pengunjung di Hari Pertama Libur Imlek

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Di hari pertama libur panjang akhir pekan, Pantai Pangandaran masih relatif sepi wisatawan. Bertepatan libur Imlek, jumlah wisatawan tak mengalami lonjakan yang signifikan.

detikTravel memantau kawasan wisata Pantai Timur dan Pantai Barat Pangandaran, Jumat (12/2/2021). Kawasan Pantai Timur Pangandaran tampak lengang.

Hanya beberapa wisatawan yang asyik berfoto di bangunan Pangandaran Sunrise. Padahal kawasan Pantai Timur ini biasanya menjadi spot favorit untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit.

Sementara di Pantai Barat, suasana sedikit lebih ramai oleh wisatawan yang asyik berenang di pantai. Namun jumlahnya tak terlalu signifikan, setidaknya itu terlihat dari area parkir kendaraan yang masih lengang.

Meski demikian para pedagang tetap bersemangat menyambut masa liburan ini. Pedagang Pantai Pangandaran makanan maupun penjual jasa penyewaan papan luncur dan perahu wisata sudah bersiap menyambut wisatawan.

Pantai PangandaranPantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

"Wisatawan sepi, padahal biasanya kalau libur panjang seperti ini, pagi-pagi sudah ramai," kata Parmi, penjual makanan di dekat Skywalk Pantai Barat Pangandaran.

Kondisi seperti ini menurut dia sudah berlangsung sejak pandemi Corona. Setiap akhir pekan yang biasanya menjadi andalan bagi Parmi untuk meraup untung, kini sudah jarang terjadi lagi.

"Jumlah dagangan dikurangi, karena kalau tak laku jadi basi," kata penjual nasi timbel dan gorengan itu.

Menurut dia, pembatasan kunjungan atau imbauan menunjukan hasil rapid tes antigen negatif tidak terlalu berpengaruh terhadap menurunnya kunjungan wisatawan.

Pantai PangandaranPantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)

Bahkan adanya kegiatan penyekatan wisatawan di bundaran Kalipucang pun menurut dia tidak terlalu berpengaruh.

"Kalau ada operasi juga wisatawan masih bisa masuk. Operasi kan tidak lama, tidak 24 jam. Tinggal ditunggu saja sampai operasi beres, wisatawan bebas masuk," kata Parmi.

Dia berpendapat bahwa pandemi ini membuat kondisi ekonomi masyarakat menurun dan itu beriringan dengan keinginan untuk berlibur. "Mungkin zamannya lagi susah cari duit, jadi orang-orang juga boro-boro piknik ke Pantai Pangandaran," kata Parmi.



Simak Video "Buka Tutup Akses Pantai Pangandaran Demi Cegah Membludaknya Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA