Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Tren Liburan Imlek 2021: Pedesaan Lebih Populer dari Kota Besar

Omzet Pedagang Pernak-pernik Pasar Atom Merosot Tajam
Foto: Ilustrasi Imlek (Faiq Azmi/detikTravel)
Jakarta -

Tren liburan Imlek sedikit bergeser tahun 2021. Wisatawan zaman sekarang lebih memilih liburan di daerah pedesaan dibandingkan dengan kota besar. Kamu gimana?

Situs perjalanan digital, Agoda mengungkap adanya perubahan tren wisatawan di masa liburan tahun baru Imlek 2021. Data yang mereka kumpulkan menunjukkan wisatawan lebih suka liburan ke daerah terpencil, serta mengunjungi kembali tempat-tempat wisata lama yang pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Data Agoda tersebut didapat dari pencarian Agoda yang dikumpulkan pada 10 Januari 2021 dengan perbandingan tanggal check in di hari pertama Tahun Baru Imlek untuk tiap tahun, yaitu 25 Januari 2020 dan 12 Februari 2021.

"Berbeda dengan waktu sebelum pandemi, data kami menunjukkan bahwa pantai dan pedesaan jadi destinasi yang lebih popular dibandingkan dengan kota besar dan destinasi yang menguras energi mereka," kata Timothy Hughes, Vice President Corporate Development Agoda, dalam keterangannya kepada detikTravel, Sabtu (13/2/2021).

Data Pasar Indonesia dari Agoda menunjukkan, banyak orang yang 'lari' dari perkotaan di liburan Imlek tahun ini. Hal itu ditunjukkan dengan melorotnya peringkat Jakarta ke posisi 4 sebagai destinasi domestik favorit wisatawan saat libur Imlek.

Destinasi domestik favorit kini beralih ke destinasi yang lebih menenangkan seperti Puncak yang berada di posisi 7 dan Bandung yang duduk di peringkat 1.

Sementara itu, kota budaya Medan yang juga menawarkan pemandangan alam indah, naik ke posisi 5, menggeser posisi yang ditempati kota Malang di tahun ini.

Kota Medan untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar tujuan wisata domestik di Indonesia yang menunggu untuk dijelajahi di libur Tahun Baru Imlek.

Dengan banyaknya perbatasan internasional yang ditutup, di Tahun Baru Imlek ini destinasi domestik lebih dipilih oleh wisatawan, menurut Agoda.



Simak Video "Sambut Tahun Baru Imlek, Warga Solo Berpakaian Adat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA