Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Es Biru yang Langka Itu Muncul Kembali

Bonauli
detikTravel
es biru langka di Michigan AS
Es biru di Michigan (Dok. Instagram/d3.imagery via Fox News)
Michigan -

Salju yang membeku umumnya berwarna putih. Tapi, di Michigan salju yang membeku berwarna biru.

Blue ice, begitulah nama fenomena ini. Dilansir dari USA Today, blue ice adalah fenomena langka yang terjadi di Michigan, Amerika Serikat.

Setelah kemunculan terakhirnya di tahun 2018, blue ice kembali tampak di Selatan Mackinac. Selat ini juga menjadi penghubung dua danau besar Michigan yaitu Lake Michigan dan Lake Huron.

Warna birunya yang indah menjadi penarik perhatian warga. Tak cuma warga, wisatawan yang mendengar tentang fenomena ini juga berbondong-bondong untuk datang ke Michigan.

"Perhatian kami tertuju pada lempengan es di sepanjang pantai dan kami segera menjelajahi garis pantai Kota Mackinaw," ujar Steve Baker, seorang warga Michigan.

Lempengan es biru ini akan terlihat ketika kena cahaya matahari. Es biru kali ini memang cukup kecil dari yang sebelum-sebelumnya, hanya setinggi 3-4 meter.

"Kondisinya pas dan banyak lempengan es bersinar biru cemerlang dengan jembatan sebagai latar belakang," katanya.

Karena indahnya pantulan cahaya dari es biru, banyak yang datang ke sini untuk berkencan. Karena jernih, wisatawan bisa melihat dalamnya danau.

Di balik indahnya blue ice, ada penjelasan secara ilmiah yang diungkapkan. Blue ice akan terjadi ketika danau jernih tanpa gelembung. Es menjadi biru karena es terkompres menjadi sangat rapat sehingga udara di dalamnya terjepit dan keluar dari es.

"Ketika cahaya dengan panjang gelombang pendek menembus ke danau yang jernih dan beku, cahaya tersebar di bawah air dan memantulkannya kembali lewat es," kata George Leshkevich.

Sebelum terjadi tahun 2018, fenomena blue ice sempat tak terjadi selama tujuh tahun. Wajar saja banyak warga dan wisatawan yang menyempatkan diri untuk datang dan melihat blue ice.

"Bahkan dari pantai, kamu bisa melihat birunya dan begitu mendekat itu tampak lebih cantik," ujar Goodale, warga Michigan lainnya.

Meski sangat cantik, namun wisatawan diminta agar tetap hati0hati. Selain dingin, blue ice ini juga tipis dan memiliki risiko pecah yang besar.



Simak Video "Fenomena Tanah Bergerak Lalu Ambles 3 Meter di Kebumen"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA