Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sejumlah Objek Wisata yang Ditutup Sementara Akibat Keramaian

Tim detikcom
detikTravel
waterboom lippo cikarang
Video viral Waterboom Lippo Cikarang (tangkapan layar 20detik)
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, keramaian adalah hal yang tabu. Tak sedikit tempat wisata yang sampai ditutup sementara akibat melanggar prokes.

Baru-baru ini, sebagian Pantjoran PIK di Jakarta Utara disegel sementara sebagai buntut keramaian atraksi barongsai yang terjadi di Pantai Reklamasi atau Pantai Pasir Putih PIK2, Minggu pekan lalu (15/2).

Namun, kasus penutupan sementara itu bukan yang pertama kalinya terjadi. Dihimpun detikTravel, Rabu (17/2/2021), ada sejumlah kasus serupa yang terjadi di Indonesia selama masa pandemi:

1. Pantjoran PIK

Penyegelan itu dilakukan pada Senin hingga sementara waktu atau hingga 22 Februari mendatang.

"Yang disegel sementara hanya panggung kegiatan Barongsainya saja. Itu yang menimbulkan kerumunan. Untuk tempat makannya tidak (disegel) dan beroperasi seperti biasa," tutur Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Purnama H.P.

Sebelum kasus ini mencuat di ranah hukum pidana, petugas juga sempat menyegel panggung barongsai di Pantjoran PIK setelah memicu kerumunan massa saat pertunjukan barongsai dalam rangka perayaan Imlek 2021.

2. Waterboom Cikarang

Kasus ini bermula dari unggahan video di media sosial yang menunjukkan adanya kerumunan di Waterboom Lippo Cikarang. Dalam video viral tersebut terlihat sejumlah pengunjung, mulai anak-anak hingga orang dewasa, memadati seluruh sudut area kolam renang.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (10/1). Polisi kemudian bertindak cepat dengan membubarkan kerumunan tersebut mulai pukul 13.30 WIB hingga kawasan kolam renang bisa steril pada pukul 14.00 WIB.

[Gambas:Instagram]


Pemeriksaan awal diketahui besarnya animo warga yang datang ke tempat tersebut berasal dari diskon besar yang diberikan pengelola. Pihak pengelola Waterboom Lippo Cikarang diketahui memberikan diskon hingga 90 persen. Awalnya harga tiket masuk tempat tersebut berkisar Rp 95 ribu, lewat diskon besar tersebut harga tiket hanya menjadi Rp 10 ribu.

"Efek dari promo, pengunjung yang sudah masuk sebanyak 2.358 orang pengunjung di mana Waterboom Lippo Cikarang tidak menerapkan prokes COVID-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari biasanya pada weekend dengan tiket harga normal lebih-kurang 500 orang pengunjung," lanjut Yusri.

Pasca viral akan keramaiannya di dunia maya, Waterboom Lippo Cikarang ditutup untuk sementara waktu terhitung sejak 11 Januari 2021 kemarin. Informasi itu juga tertulis di situs resminya.

"Waterboom Lippo Cikarang akan ditutup sementara mulai tanggal 11 Januari 2021 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya," tulis pihak pengelola.

Dicek detikTravel di situs resminya, hingga hari ini Waterboom Lippo Cikarang masih ditutup sementara waktu hingga waktu yang belum ditentukan.

Selanjutnya: The Jungle Waterpark Bogor

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Membeludaknya Pengunjung di Kolam Renang The Jungle Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA