Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Feb 2021 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Sukuh dan Candi Cetho Mulai Dibuka Besok

Andika Tarmy
detikTravel
Candi Cetho
Candi Cetho (Foto: titry frilyani/d'Traveler)
Karanganyar -

Pemkab Karanganyar membuka lagi obyek wisata Candi Sukuh dan Candi Cetho esok hari, Jumat (19/2). Pengajuan izin operasionalnya dikabulkan.

Titis mengatakan, pihaknya telah mengajukan izin pembukaan kembali kedua obyek wisata tersebut saat mulai diberlakukannya PPKM Mikro lalu. Pertimbangannya adalah adanya penurunan jumlah penularan COVID-19.

"Besok pagi sudah resmi kita buka. Untuk Candi Sukuh dan Candi Cetho dioperasionalkan kembali untuk umum," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, dihubungi wartawan, Kamis (18/2/2021).

"Pertimbangannya pandemi menurun penularannya. Kemudian sudah mulai ditemukan cara yang terbaik untuk pengendalian penularan COVID-19 melalui PPKM mikro. Saya kira sudah selayaknya mulai bertahap dilonggarkan meskipun tetap dalam koridor protokol kesehatan," paparnya.

Titis melanjutkan, pengajuan izin tersebut kemudian direspon oleh Kemendikbud melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng. Surat bernomor 072/F7.4/KB/2021 tersebut menyatakan obyek wisata Candi Sukuh dan Candi Cetho diperbolehkan beroperasi.

"Suratnya sudah turun. Hari ini saya akan membuat perintah lisan karena tinggal besok (pembukaannya). Kemudian besok masyarakat sudah bisa berkunjung," imbuhnya.

Titis mengatakan, Candi Sukuh dan Candi Cetho ditutup sejak pemberlakuan PPKM jilid pertama Desember 2020 lalu. Dengan beroperasinya kedua obyek wisata ini, tinggal dua obyek wisata lagi di Karanganyar yang belum dibuka.

"Ditutup sejak PPKM pertama, dilanjut PPKM kedua. Awal PPKM tiga saya buat surat kemudian diizinkan untuk Candi Cetho dan Sukuh. Tinggal dua yang belum beroperasi, Museum Dayu dan Edupark Intanpari," pungkasnya.



Simak Video "Sukuh, Candi Unik yang Berada di Kaki Gunung Lawu, Karanganyar"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA