Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Feb 2021 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Go Green, Kota Ini Akan Denda Traveler yang Merokok di Pantai

Bonauli
detikTravel
Pantai di Barcelona
Ilustrasi pantai di Barcelona (AP/Emilio Morenatti)
Jakarta -

Barcelona menunjukkan keseriusannya dalam mengatasi polusi udara. Salah satu caranya dengan memperluas kawasan bebas asap rokok sampai ke pantai.

Dilansir dari The Guardian oleh detikTravel, Minggu (21/2/2021), Barcelona, yang menjadi jujugan wisatawan asing di Spanyol, berupaya untuk meningkatkan kualitas udara. Katalonia bakal menerapkan peraturan bebas asap rokok di empat pantai paling populer.

"Untuk menjadi kota yang sehat, yaitu bebas asap rokok dan asap tembakau," ujar Gemma Tarafa, juru bicara kesehatan dewan.

Merokok akan dilarang di pantai San Miquel, Somorrostro, Nova Icaria, dan Nova Mar Bella. Kebijakan itu sedang dalam skema percontohan yang akan dimulai dari 29 Mei-12 September.

Rencananya, pertama-tama wisatawan dan warga akan diberi tahu untuk tidak merokok di empat pantai itu. Saat ini, belum ada denda yang disepakati oleh pemerintah.

Selain di empat pantai itu, di antaranya Sant Sebastia, pantai nudis yang populer di Spanyol, wisatawan masih bebas untuk merokok.

Kalau proyek percontohan di empat pantai itu berhasil, Barcelona akan menambah panjang daftar pantai bebas asap rokok, menjadi enam pantai. Selain itu, akan ditambah taman dan halte bus mulai tahun depan.

Sebenarnya, Barcelona telah melakukan upaya bebas rokok sejak beberapa tahun lalu. Karena sekitar 2.200 warga kota meninggal karena penyakit yang terkait dengan rokok setiap tahun.

Selain itu sekitar 15 persen dari 32 juta puntung rokok dibuat ke laut setiap tahun. Dalam 10 tahun, puntung rokok yang membusuk di laut melepaskan partikel arsenik, besi, nikel, dan kadmium yang meracuni rantai makanan. Bukan cuma merugikan manusia, yang hidup di laut juga tersiksa karena rokok.

Larangan merokok di dalam ruangan mulai berlaku pada tahun 2012. Kebijakan ini disambut baik oleh pemilik restoran dan klien mereka. Namun tahun 2019 pemerintah kembali mengusulkan larangan merokok di teras luar ruangan. Kebijakan itu pun menimbulkan protes dari banyak pihak.

Usul kebijakan tersebut belum dibicarakan kembali karena adanya kasus Covid-19. Teras sendiri menjadi tempat penting bagi pengusaha bar dan restoran yang menutup tempat indoor-nya.

Di bawah pembatasan Covid Catalonia, merokok di luar ruangan dilarang di manapun. Barcelona bukan kota pertama di Spanyol yang melarang merokok di pantai. Yang pertama adalah Baiona di wilayah barat luat Galacia. Kini tercatat 115 dari 3.514 pantai di Spanyol bebas rokok.



Simak Video "Pria Inggris Panjat Gedung Ikonik Barcelona Setinggi 142 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA