Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mesin Pesawatnya Terbakar di Udara, Boeing Angkat Bicara

Syanti Mustika
detikTravel
FILE PHOTO: The Boeing logo is pictured at the Latin American Business Aviation Conference & Exhibition fair (LABACE) at Congonhas Airport in Sao Paulo, Brazil, Aug. 14, 2018. REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo
Logo Boeing, Foto: REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo
Chicago -

Sabtu lalu, pesawat United Airlines 328 mengalami kebakaran mesin saat terbang. Terkait peristiwa ini, Boeing pun angkat bicara.

Diberitakan Reuters, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan pesawat itu telah mendarat di Bandara Internasional Denver, Amerika Serikat pada Sabtu (20/2/2021) waktu setempat. Pesawat itu telah kehilangan sejumlah komponen yang jatuh berserakan di permukiman warga.

Pesawat bertipe Boeing 777-200 itu dikabarkan mengangkut 231 penumpang dan 10 awak. Penerbangan ditempuh menuju Honolulu lalu mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.

Mesin United Airlines TerbakarMesin United Airlines Terbakar Foto: Andy Cross/The Denver Post via AP

Mesin kanan pesawat meledak dan terbakar. Karena kondisi ini, pesawat mencoba berputar kembali ke bandara asal.

Terkait peristiwa terbakarnya mesin pesawat, Boeing pun mengeluarkan pernyataan di websitenya. Dilihat detikcom, Senin (22/2/2021) Boeing menyarankan maskapai yang menggunakan pesawat dengan model yang sama untuk menghentikan operasional pesawat. Serta akan mengikuti proses penyelidikan.

"Boeing secara aktif memantau peristiwa terkini terkait United Airlines Flight 328. Sambil menunggu penyelidikan NTSB yang sedang berlangsung, kami merekomendasikan penangguhan operasi 69 pesawat dan 59 pesawat di storage yang menggunakan mesin Pratt & Whitney 4000-112 sampai FAA mengidentifikasi protokol pemeriksaan yang sesuai," tulis Boeing.

"Boeing mendukung keputusan Biro Penerbangan Sipil Jepang yang dikeluarkan kemarin dan tindakan FAA hari ini untuk menangguhkan operasi 777 pesawat yang ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney 4000-112. Kami bekerja sama dengan regulator saat mereka mengambil tindakan saat pesawat di landasan dan inspeksi lebih lanjut dilakukan oleh Pratt & Whitney," ujar Boeing yang berjanji akan memberikan update perkembangan lebih lanjut.

Peristiwa terbakarnya mesin pesawat ini sempat tertangkap kamera salah seorang penumpang. Dalam video yang beredar di media sosial tampak kepulan asap hitam dan seseorang mengatakan,"sesuatu meledak."

Tak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa menegangkan tersebut. Sementara itu puing-puing yang jatuh masih belum dievakuasi kendati lokasinya sudah dipasangi garis polisi. Puing-puing itu termasuk penutup mesin pesawat.

Tonton video 'AS dan Jepang Larang Terbang Boeing 777':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA