Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Pria Ini Keliling Dunia Tanpa Naik Pesawat

Femi Diah
detikTravel
ilustrasi backpacking
Ilustrasi traveling (Getty Images/iStockphoto/Koldunov)
Jakarta -

Torbjorn Pedersen berhasil berkeliling dunia. Istimewanya, dia tidak menggunakan pesawat sekalipun dalam perjalanannya itu.

Pedersen, yang juga akrab disapa Thor, menjejakkan kakinya di 194 negara dalam tempo 7 tahun. Dikutip detikTravel dari situs miliknya onceuponasaga, Selasa (23/2/2021), Thor bakal terus menambah panjang daftar negara yang bakal disinggahinya.

Setelah menyelesaikan perjalanan di Micronesia, ada sembilan negara yang dicantumkan dalam daftar negara yang akan dikunjunginya. Di antaranya, Selandia Baru, Australia, dan Vanuatu.

Thor menandai perjalanan pertamanya pada 10 Oktober 2003. Dia mengambil titik start dari negaranya, Denmark. Setelah itu, dia keliling Eropa kemudian melompat ke Kanada dan Amerika Serikat dan menuju Afrika.

"Ini akan menjadi perjalanan dengan transportasi darat, utamanya dengan kereta api, bus, dan kapal. Saya tidak akan membeli, meminjam atau menyewa kendaraan untuk pergi dari A ke B dan saya tidak memiliki sopir," tulis Thor dalam situs tersebut.

"Dengan cara ini saya akan memiliki banyak waktu yang dihabiskan dengan penduduk lokal dan wisatawan, cara yang luar biasa untuk melihat dunia," dia menambahkan.

Selain kekuatan fisik, Thor dituntut pandai-pandai mengelola keuangan selama perjalanan itu. Merujuk 9news.com, Thor menganggarkan dana sebesar USD 20 atau Rp 280-an ribu per hari.

Thor menyebut perjalanannya keliling dunia itu sebagian dibiayai melalui pendanaan pribadi, juga sumbangan dari para pembaca blog miliknya, serta palang merah Denmark. Thor tercatat menjadi duta palang merah Denmark sejak 2013.

[Gambas:Instagram]



"Saya mendapatkan sedikit penghasilan dari menulis artikel untuk media," kata dia.

Tantangan lain yang harus dihadapi Thor sepanjang perjalanan itu di adalah cuaca. Dia pernah diterpa badai saat menumpang kapal kontainer selama empat hari. Belum lagi berjumpa dengan orang mabuk dan rese, juga tentara yang menginterogasinya.

"Setiap detik seolah menjadi waktu terakhir buatku," kata dia.

Melewati perbatasan negara juga tidak selalu mulus. Thor bilang di antara negara-negara yang disinggahi, Guinea Khatulistiwa dan Arab Saudi adalah negara tersulit untuk ditembus.

Selain itu, dia juga harus terpisah jarak dengan kekasihnya Le.

Soal negara favorit, Thor ternyata sulit untuk memilih. Tapi, bagaimanapun kampung halaman tetap menjadi tempat terbaik baginya.

"Kalau aku tidak boleh pulang ke Denmark, aku memilih untuk tinggal di Islandia. Negara ini negara kecil yang efisien, bersih, menyenangkan, menarik, terpencil, modern, dan indah," kata dia.

Untuk negara unik, Thor terkesan dengan Korea Utara dan Vatikan. Kata dia, Korut tidak semengerikan informasi yang didapat dari berbagai sumber. Kendati memang tidak bisa masuk dalam daftar negara favorit untuk dikunjungi. Selama di Korut dia tetap aman dan bahkan bisa bebas mengambil foto.

Sementara itu, Vatikan istimewa dengan segala keunikannya. Dia baru mengetahui sejumlah fakta soal Vatikan setelah menyambangi negara kecil itu.

"Korea Utara itu makanannya enak, orang-orang yang saya ajak bicara baik dan keramahannya tinggi," kata dia.

"Vatikan itu sangat kecil, namun bukan soal itu. Tidak ada anak yang lahir di sana dan itu sangat aneh. Tidak ada restoran dan hotel. Sudah begitu negara itu seolah tutup antara pukul 23.00 sampai 06.30," dia menjelaskan.



Simak Video "Bersepeda Keliling Dunia, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA