Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 21:18 WIB

TRAVEL NEWS

Tutup Karena Pandemi, Museum Louvre Putuskan Untuk Renovasi

Bonauli
detikTravel
Reovasi Museum Louvre
Museum Louvre (AP)
Paris -

Efek pandemi virus Corona masih terus terasa. Museum Louvre sendiri akhirnya menyerah dan tutup sementara.

Dilansir dari AP, Rabu (23/2/2021), Museum Louvre sudah tutup selama empat bulan. Rumah bagi lukisan Monalisa ini senyap tak bersuara.

Sudah sejak 30 Oktober 2020, Museum Louvre tutup. Belum ada yang tahu kapan museum ini akan dibuka kembali. Sementara itu, pemerintah Prancis masih terus berupaya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

Waktu yang senggang ini pun digunakan dengan bijak oleh pihak museum. Direktur Louvre bagian warisan dan taman arsitektur, Laurent le Guedart menuturkan bahwa museum akan melakukan sejumlah pekerjaan besar.

Reovasi Museum LouvreReovasi Museum Louvre Foto: (AP)

"Kami mempercepat operasi pemeliharaan dan memulai pekerjaan perbaikan yang sulit dijadwalkan saat museum beroperasi secara normal," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa museum akan melakukan sejumlah restorasi kepada koleksi-koleksi lukisan. Dinding museum yang dari dulu jadi wacana sekarang juga akan diperbaiki.

"Kami mengambil penyelidikan ilmiah sebagai persiapan untuk restorasi yang direncanakan, melakukan perjalanan kembali ke abad 18 melalui lapisan demi lapisan cat," ungkapnya.

Sebelumnya pekerjaan perbaikan dan restorasi dilakukan setiap hari Selasa. Kini papan lantai dan pemasangan kabel akan dilakukan untuk sistem keamanan baru.

Reovasi Museum LouvreReovasi Museum Louvre Foto: (AP)

Pengerjaan ini sudah dilakukan selama sepekan. Di penutupan kedua Louvre, 250 karyawan museum tetap bekerja secara penuh, berbeda dengan tahap pertama yang menghentikan seluruh aktivitas Louvre.

Setiap tahunnya, Museum Louvre yang menjadi 'rumah' bagi lukisan Mona Lisa kerap dikunjungi sekitar 10 juta pengunjung setahun.

Museum ini juga menjadi lokasi destinasi wisatawan di pertengahan tahun yang terpopuler dan paling ramai dikunjungi. Sayangnya, saat pandemi melanda dunia, angka pengunjung Museum Louvre anjlok menjadi 72 persen, dari angka sebelumnya sebesar 9,6 juta pengunjung di 2019.



Simak Video "Penembakan di Depan Pusat Vaksinasi Covid-19 Paris, 1 Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA