Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 19:46 WIB

TRAVEL NEWS

UNWTO: Krisis Wisata Masih Jauh dari Selesai

Bonauli
detikTravel
UNWTO
Prediksi perjalanan normal menurut UNWTO(Statista)
Jakarta -

Pariwisata terpuruk saat pandemi virus Corona. WTO memprediksi krisis tidak akan pulih dalam waktu dekat.

Lockdown atau penguncian wilayah berimbas langsung terhadap frekuensi penerbangan, utamanya penumpang. Traveling pun menjadi aktivitas yang tidak mudah saat wabah Covid-19.

Dilansir dari World Economic Forum, industri pariwisata telah kehilangan sekitar USD 1,3 triliun pendapatan ekspor tahun 2020. Angka yang fantastis dan rekor baru dalam sejarah.

Para pakar perjalanan terus melakukan riset dengan hati-hati untuk mencari solusi agar industri pariwisata kembali bergairah, namun di sisi lain tidak menimbulkan klaster baru. Apalagi, malah muncul varian bari Covid-19 yang bikin keadaan semakin runyam.

Sejumlah negara pun kian mengetatkan lockdown. Salah satunya, Inggris.

Belum adanya titik terang berakhirnya pandemi Covid-19, membuat pakar perjalanan pesimistis. Mereka tidak yakin bahwa keadaan akan kembali ke keadaan semula sebelum tahun 2023 padahal di awal 2021 sempat muncul harapan pemulihan pariwisata.

"Sementara banyak yang telah dibuat untuk memungkinkan perjalanan internasional yang aman, kami sadar bahwa krisis masih jauh dari selesai," ujar Sekretaris Jendral UNWTO Zurab Pololikashvili.

Menurutnya perjalanan internasional telah bekerja keras dengan adanya harmonisasi, koordinasi, dan digitalisasi tindakan untuk mengurangi risiko perjalanan.

"Pengujian, pelacakan, dan sertifikat vaksinasi adalah fondasi penting untuk mempromosikan perjalanan yang aman dan mempersiapkan pemulihan pariwisata setelah kondisi memungkinkan," ujar dia.



Simak Video "Sandiaga Ingin Kualitas Pariwisata Digenjot, Bukan Kuantitas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA