Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 16:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Jepara yang Seru Banget!

Syanti Mustika
detikTravel
Karimunjawa-Jepara-Muria Biosphere Reserve
10 tempat wisata di Jepara yang seru banget! Foto: UNESCO
Jepara -

Jepara di Jawa Tengah punya segudang tempat wisata yang tak kalah dengan tempat lain. Nih, kamu harus datang ke tempat-tempat ini saat bermain ke Jepara nanti.

detikcom telah merangkum nih, Selasa (23/2/2021) tempat wisata Jepara untuk seru-seruan. Catat ya!

1. Taman Nasional Karimunjawa

Keindahan Karimunjawa menjadi kebanggaan warga Jepara. Guguran yang terbentuk dari pulau-pulau kecil ini menyajikan taman bawah laut yang sangat menarik. Pulau Karimunjawa juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer baru Indonesia lho.

Di sini tentu saja kamu bisa snorkeling melihat ragam penghuni laut, melihat penangkaran hiu, keliling hutan mangrove, kliner, bersantai di pantai dan masih banyak lainnya.

KarimunjawaKarimunjawa Foto: (Riojanggan/d'traveler)

2. Air Terjun Jurang Nganten

Air terjun indah ini mengalir setinggi kurang lebih 50 meter dengan deraian air yang mengucur dengan dramatis. Dinding tebing yang kecoklatan, dihiasi hijau tanaman rambat memperindah alirannya.

Untuk ke sini kamu butuh perjuangan karena harus treking sekitar 500 meter dengan medan yang cukup terjal. Tapi tidak apa, kamu akan dipuaskan oleh keindahan air terjun ini. Lokasinya ada di Desa Dukuh, Kecamatan Pakis.

[Gambas:Instagram]



3. Pulau Panjang

Keindahan bahari Jepara selajutnya bisa dilihat di Pulau Panjang. Pulau seluas 19 hektar ini memiliki air yang dangkal dan banyak terumbu karangnya. Kebersihan laut dn lingkungan jadi pemikat pulau ini.

Kita bisa keliling pulau dengan bersepeda, snorkeling, main di pantai pasir putihnya, kemah juga tentunya juga seru. Pulau ini berada di Ujungbatu, Jepara.

[Gambas:Instagram]




4. Pantai Punuk Sapi

Wisata di Jepara selanjutnya untuk dikunjungi adalah Pantai Punuk Sapi yang populer juga dengan nama Pantai Lemah Abang. Keunikan pantai ini adalah dipenuhi gundukan tanah berwarna merah seperti punuk sapi.

Tak berpasir putih, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Namun tetap pantainya cantik. Bisa kok di sini bersantai dan hunting foto. Pantai berada di Desa Bolong, Kecamatan Kembang.

[Gambas:Instagram]

5. Hutan Wisata Sreni

Tak hanya laut, alam Jepara juga indah. Lihat saja di Hutan Wisata Sreni yang berada di kaki Gunung Muria. Hutan ini masuk ke dalam kawasan hutan lindung.

Banyak spot foto menarik yang memang disediakan pengelola. ada juga gardu pandang di atas pohon pinus untuk menikmati hijau dan sejuknya hutan. Di sini jug bisa berkemah lho. Hutan berada di Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Jepara.

6. Pantai Pungkruk

Anak senja bisa nih datang ke Pantai Pungkruk. katanya, kawasan ini tempat wisata kuliner terbesar di Jepara lho, mirip-mirip Jimbaran di Bali.

Kamu akan menemukan ragam rumah makan dan gazebo di pantai ini. Harus coba pokoknya olahan laut di sini. Pantai berada di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

7. Bukit Bejagan

Bukit Bejagan menyajikan indahnya pegunungan di Jepara. Bukit ini memiliki rumah pohon yang menjorok langsung ke tebing lho. Menandang adrenalin juga berfoto, namun pemandangannya indah. Bukit Bejagan berada di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling.

8. Masjid Mantingan

Wisata religi yang harus dikunjungi juga saat ke Jepara adalah Masjid Mantingan. Sejarahnya, masjid ini menjadi tempat beribadah tertua yang ada di Kabupaten Jepara.

Keunikn dari Masjid Mantingan adalah arsitekturnya menggabungkan beragam unsur keagamaan. Akses menuju Masjid Mantingan juga mudah kok. Alamatnya di Mantingan, Kec. Tahunan, Kab. Jepara.

9. Museum RA Kartini

Sesuai dengan namanya, museum ini didedikasikan untuk wanita yang menjadi pahlawan emansipasi wanita RA Kartini. Museum ini berada di Jalan Alun-Alun No 01, Panggang, Kecamatan Jepara. Tempat ini diresmikan oleh Bupati Soedikto pada 21 April 1977.

Tidak hanya menyimpan koleksi dari RA Kartini saja, museum juga punya ragam koleksi benda purba. Yang paling menarik mereka mempunyai tulang belulang dari Ikan Joko Tua yang masih tersusun rapi. Konon, ikan ini adalah jenis paus gajah yang ditemukan di perairan sekitar Karimunjawa.

Museum RA KartiniMuseum RA Kartini Foto: Museum RA Kartini

10. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit mengalir di ketinggian 80 meter. Dari namanya, Songgolangit berarti menyangga langit. Mungkin karena tingginya kali ya? Air Terjun Songgolangit berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Cocok nih untuk yang ingin mencari lokasi pemandangan asri.

Nah itu dia 10 tempat wisata asyik di Jepara.



Simak Video "Keindahan Terumbu Karang Bawah Air Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa Jepara Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA