Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Objek Wisata Alam Jurang Jero Magelang Buka Kembali

Eko Susanto
detikTravel
Wisata Jurang Jero
Wisata alam Jurang Jero buka lagi. (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Objek wisata alam Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali. Itu setelah mendapatkan rekomendasi dari BPPTKG dan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang.

Penutupan objek wisata ini dilakukan sejak ada kenaikan status siaga Gunung Merapi, tepatnya mulai, Sabtu (11/7). Praktis penutupan tersebut hampir berlangsung selama tiga bulan.

Adapun wisata alam Jurang Jero yang berada di wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Lokasi ini berjarak sekitar 8 sampai 9 km dari puncak Gunung Merapi.

Di kawasan ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam berupa pohon pinus dan lainnya. Pengunjung juga bisa keliling di kawasan ini dengan naik jeep. Ada juga jalur untuk sepeda downhill. Sedangkan, pengelolaan destinasi wisata alam ini dilakukan oleh Koperasi Jasa Jurang Jero Makmur.

Wisata Jurang JeroWisata Jurang Jero. Foto: Eko Susanto/detikcom

"Jurang Jero ini ditutup sejak 7 November 2020 sampai 28 Februari 2021. Kemudian, mulai hari ini (Senin) dibuka kembali setelah ada rekomendasi dari BPPTKG, TNGM dan Disparpora Kabupaten Magelang," kata Pratikno, Ketua Koperasi Jasa Jurang Jero Makmur saat ditemui di Jurang Jero, Selasa (2/3/2021).

Pratikno menuturkan tiket masuk menuju Jurang Jero sebesar Rp 10.000. Kemudian di lokasi ini pengunjung selain menikmati keindahan alam, bisa mencarter jeep yang tersedia. Untuk tarif jarak dekat Rp 200.000, sedangkan tarif jauh Rp 450.000.

"Tiket masuk Rp 10.000. Kalau naik jeep yang jarak pendek dari Jurang Jero sampai canopy trail sebesar Rp200.000, kalau yang jauh Rp450.000," ujarnya.

Ia menambahkan di kawasan Jurang Jero ada satu yang baru yakni Tugu Elang. Lokasi ini persis dimana pada 14 Februari 2020, Presiden Joko Widodo melepas dua elang Jawa.

Sementara itu, Sekretaris Koperasi Jasa Jurang Jero Makmur, Rofingi menambahkan, di Jurang Jero tersedia ATV. Untuk sewa sebesar Rp15.000, kemudian pengunjung juga bisa melakukan camping di kawasan Jurang Jero.

"Pengunjung bisa camping disini, kami juga juga menyewakan tenda, matras, SB dengan jasa bongkar pasang, totalnya Rp70.000. Ini bisa untuk kapasitas 3-4 orang. Kemudian untuk yang camping tiket masuknya per orang Rp25.000," tuturnya.



Simak Video "Aktivitas Merapi Meningkat, Ratusan Warga Magelang Mengungsi Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA