Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 16:05 WIB

TRAVEL NEWS

Borobudur yang Trending Usai Anya Geraldine Posting 'Indahnya Jogja'

Putu Intan
detikTravel
Biksu di Candi Borobudur
Candi Borobudur. Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta -

Borobudur ramai dibicarakan netizen di Twitter. Banyak yang mengungkit soal letak Borobudur usai selebgram Anya Geraldine salah membubuhkan lokasi pada postingannya.

Dilihat detikcom dari akun Twitter milik Anya @Anyaselalubenar, foto liburannya di kawasan resor mewah Candi Borobudur itu telah diunggah pada 31 Januari 2021.

Dalam postingan itu, Anya menyertakan caption 'indahnya Jogja'. Netizen menilai, foto dan caption Anya tidak tepat lantaran lokasi resor yang berada di Magelang, bukan Yogyakarta.

Di kolom komentar, terlihat netizen yang beramai-ramai menjelaskan bahwa Borobudur berada di Magelang. Banyak juga yang sampai membubuhkan peta wilayah untuk memperlihatkan letak geografis Borobudur.



"Borobudur itu di Magelang ya!!!" kata akun @ton****

"Borobudur itu di Jawa Tengah dek. Tepatnya di Kabupaten Magelang," kata akun @alex*******

Namun ada juga netizen yang membela Anya. Ia berdalih, tak semua orang hafal peta wilayah.

"Padahal ga semua orang hafal peta. Dari dulu kalau piknik ke Jogja juga destinasi wisatanya Borobudur, mindsetnya jadi Borobudur itu di Jogja. Galak-galak amat," ujar pemilik akun @mif****

Sampai saat ini tweet Anya Geraldine tersebut sudah diretweet 900 kali dan disukai 25,5 ribu pengguna. Meski demikian, Anya tampak belum menanggapi kritik dari netizen tersebut.

Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia yang diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Candi Borobudur adalah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari wangsa Syailendra. Pembangunan candi ini diperkirakan dilakukan antara abad ke-8 dan ke-9 Masehi.

Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Posisinya sungguh strategis di mana ia diapit empat gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sindoro. Selain itu ada dua aliran sungai yang juga mengelilinginya yakni Sungai Elo dan Sungai Progo.

Selain menyuguhkan wisata sejarah dan budaya, kawasan Candi Borobudur juga dilengkapi fasilitas wisata yang bakal memanjakan turis. Di sana terdapat sejumlah resor mewah seperti Plataran Borobudur Resort & Spa dan Amanjiwo. Selain itu ada pula 20 desa wisata yang tak kalah menarik.



Simak Video "Kemegahan Candi Borobudur, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA