Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Rumah Berusia 139 Tahun di San Fransisco 'Pindah' Alamat

Rumah Berusia 139  Tahun Pindah Alamat
Foto: Rumah berusia 139 Tahun pindah ke alamat baru (AP)
San Fransisco -

Di Amerika Serikat, lazim ada penyedia jasa pindahan rumah (dalam arti sebenarnya). Seperti yang terjadi pada rumah berusia 139 tahun di San Fransisco ini.

Setelah 139 tahun, sang pemilik rumah yang baru memutuskan untuk berpindah ke alamat baru yang beralamat di 807 Franklin Street, San Fransisco, AS.

Rumah 2 lantai bergaya Victoria itu pun digotong pindahan ke lokasi barunya. Ya, Anda tidak salah baca. Rumah tersebut dipindahkan menggunakan truk yang biasa digunakan untuk memuat kontainer.

Dilansir dari AP, Selasa (2/3/2021), proses pemindahan rumah 2 lantai itu pun memakan waktu yang tidak sebentar. Proses memindahkan rumah itu dimulai dengan 'mencabut' rumah dari pondasinya, memuatnya ke truk, lalu pelan-pelan memindahkannya ke alamat yang baru.

Kemacetan jalan tidak terelakkan selama proses pemindahan rumah bercat hijau ini selesai dilakukan. Harap maklum saja, truk yang digunakan untuk memindahkan rumah tersebut hanya bisa melaju dengan kecepatan 1,6 kilometer per jam saja.

Rumah Berusia 139  Tahun Pindah AlamatRumah Berusia 139 Tahun Pindah Alamat Foto: AP

Setelah memakan waktu berjam-jam, akhirnya rumah tersebut tiba juga di alamat barunya, di 635 Fulton Street, San Fransisco yang berjarak 6 blok dari lokasi lama.

Setelah sampai di lokasi, proses yang dilakukan selanjutnya relatif sama: 'menurunkan' rumah dari truk yang mengangkutnya, lalu pelan-pelan menaruhnya di lokasi yang baru.

Phil Joy, ahli pindahan rumah yang menangani proyek tersebut mengatakan, untuk pemindahan rumah berusia 139 tahun ini, dirinya sampai mengurus izin ke lebih dari 15 agensi yang berbeda di San Fransisco.

Memindahkan rumah, menurut Phil, tidaklah mudah. Apalagi untuk kasus ini, dimana langkah pertama untuk memindahkan rumah ke alamat barunya, harus menuruni bukit mengikuti kontur kota San Fransisco.

"Selalu sulit ketika memindahkan rumah," keluh Phil seperti dikutip dari media San Fransisco Chronicle.

Selama proses pemindahan rumah berlangsung, puluhan lampu lalu lintas dan alat parkir otomatis dipindahkan sementara. Tak hanya itu, batang-batang pohon yang menghalangi jalan truk juga dipangkas.

Sang pemilik rumah, Tim Brown menyebut telah mengeluarkan dana sebesar US$ 507.830 untuk memindahkan rumah 6 kamar itu ke alamat barunya di kota San Fransisco. Jika dirupiahkan, biaya pindahannya saja senilai Rp 7,2 Miliar.

Bagaimana traveler, tertarik memindahkan rumah juga seperti yang dilakukan Tim Brown?



Simak Video "Pindahan Unik Warga San Fransisco"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA