Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno: Travel Bubble Masuki Tahap Akhir, Segera Diterapkan di Bali

Sandiaga Uno di Desa Penglipuran, Bali.
Sandiaga Uno di Desa Penglipuran Bali Foto: (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Travel bubble atau Free Covid Corridors yang tengah dikebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia memasuki tahap akhir. Program wisata berbasis vaksinasi COVID-19 itu akan diterapkan di Nusa Dua dan Ubud, Bali.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno usai menjalani rapat koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia.

Rapat terbatas yang turut dihadiri sejumlah Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk sejumlah negara seperti Eropa, Timur Tengah, Asia dan Australia itu menyepakati sejumlah hal.

Di antaranya persiapan pelaksanaan travel bubble di Bali serta lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang telah ditetapkan, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

"Pada intinya kita terus mempersiapkan, memastikan bahwa Free Covid Corridors ini bisa dieksekusi dengan baik," ungkap Sandiaga Uno dalam pernyataan yang diterima Rabu (3/3/2021).

Pelaksanaan program Free Covid Corridors di Bali diungkapkan Sandiaga Uno tidak ditetapkan secara sepihak. Pelaksanaan program tersebut katanya merujuk data minat wisatawan mancanegara yang berasal dari para Dubes.

Diketahui, Bali menjadi destinasi wisata terfavorit di Indonesia, disusul Yogyakarta, Solo, Semarang serta Batam dan Bintan di Kepulauan Riau.

Merujuk laporan tersebut, Bali dinilai pihaknya memiliki potensi besar dalam pemulihan sektor parekraf nasional.

"Harapannya tentunya ada kesamaan pemikiran, platform dalam mengeksekusi target promosi kepada potensi pariwisata ini, terutama terhadap beberapa market kita dan tren yang semakin terlihat bahwa pariwisata ke depan akan lebih personalized, customized, localized and smaller in size," jelas Sandiaga Uno.

Selain itu, lanjutnya, pariwisata yang diminati para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara diketahui meliputi pariwisata berbasis alam dan budaya.

Pariwisata yang menonjolkan alam terbuka serta cerita rakyat dari masing-masing destinasi wisata katanya lebih diminati wisatawan pasca pandemi COVID-19.

"Jadi ini sejalan dengan arahan dari Pak Presiden terkait penyiapan lima Destinasi Super Prioritas, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang," jelas Sandiaga Uno.

"Seiring dengan itu tentunya semuanya, akhirnya menutup dengan satu optimisme, bahwa dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin di masing-masing destinasi, dengan penyiapan testing, tracing dan treatment yang semakin tersedia dan juga dengan vaksinasi yang terdistribusi dengan baik," tambahnya.

"Kita akan mulai melihat potensi, kesiapan Free Covid Corridors atau Travel Bubble dan kandidat utamanya adalah Bali sesuai dengan permintaan pasar," tutup Sandiaga Uno.



Simak Video "Sandiaga Uno Dorong Singapura Buka Travel Bubble"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA