Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Mar 2021 14:27 WIB

TRAVEL NEWS

Kasus Corona Varian Baru Tak Terdeteksi, Lockdown Auckland Dibuka

CNN Indonesia
detikTravel
Overlooking at Whangaparaoa Peninsula, Auckland region, New Zealand.
Foto: Auckland (Getty Images/iStockphoto/nazar_ab)
Jakarta -

Hari ini, kota Auckland di Selandia baru kembali beraktifitas seperti biasa. Sebelumnya pemerintah telah memberlakukan lockdown akibat temuan virus Corona varian B1117.

Pemberlakuan lockdown selama seminggu diterapkan setelah varian baru COVID-19 di Inggris ditemukan. Pada Minggu (7/3) tak ada kasus lokal baru yang tercatat.

Kementerian Kesehatan mengatakan kemungkinan pembatasan akan perlahan dihentikan jika tidak ditemukan lagi kasus positif baru pada hari ini, tepat setelah seminggu diberlakukannya lockdown.

Namun, pembatasan masih berlaku untuk pertemuan umum di kota yang berpenduduk hampir dua juta warga itu. Selain itu, warga juga diwajibkan menggunakan masker di angkutan umum.

Rekaman di TVNZ, jaringan televisi milik negara Selandia Baru, menunjukkan orang-orang mengantre di kedai kopi pada Minggu pagi. Mereka merasa lega meski antrean cukup ramai.

Pemerintah mengatakan akan melonggarkan pembatasan di Auckland lebih lanjut pada hari Jumat.
Di negara tetangga Australia, negara bagian Victoria, yang tengah lockdown lima hari pada pertengahan Februari, mencatat sembilan hari berturut-turut tidak ada transmisi lokal pada hari Minggu.

Selandia Baru dan Australia dianggap sangat berhasil dalam mencegah penyebaran pandemi. Kedua negara melakukan langkah-langkah protokol kesehatan masyarakat yang cepat dikombinasikan dengan pelacakan kontak yang massif, penutupan perbatasan dan karantina wajib bagi para pelancong.

Kedua negara melihat ekonomi mereka pulih dengan cepat pada paruh kedua tahun 2020. Ekonomi Australia berkembang pada kecepatan yang jauh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal terakhir tahun lalu dan semua tanda-tandanya adalah bahwa 2021 telah dimulai dengan pijakan yang kokoh juga dari stimulus moneter dan fiskal.

Kedua negara telah memulai program inokulasi virus corona. Namun, peluncuran vaksinasi di Australia menjadi rumit setelah Italia memblokir pengiriman vaksin virus corona dari AstraZeneca ke negara itu.



Simak Video "Alasan Selandia Baru Selalu Gercep Lockdown Bila Muncul Kasus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA