Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Tengkorak Wanita Ditemukan di Gua Terpencil, Ternyata Buat Ritual

Tengkorak Wanita 5.300 Tahun ditemukan di gua terpencil Italia
Foto: Tengkorak wanita ditemukan di gua terpencil Italia (dok. Giovanna Belecastro)
Roma -

Sebuah tengkorak wanita ditemukan di sebuah gua terpencil di utara Italia. Tengkorak yang diperkirakan berusia 5.300 tahun itu diduga untuk ritual kematian.

Tengkorak tersebut ditemukan di dalam sistem gua bernama Marcel Loubens pada 2015. Para arkeolog baru-baru ini menemukan sebuah fakta menarik mengapa tengkorak wanita tersebut bisa ditemukan di gua terpencil itu.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (9/3/2021), pimpinan tim arkeolog, Maria Giovanna Belecastro, dari Universitas Bologna di Italia, mengemukakan teori bagaimana tengkorak wanita itu bisa berakhir di Gua Marcel Loubens.

"Kejadian alam yang tak terduga sepertinya membuat tengkorak itu berakhir di sana, dibuktikan dengan luka post-mortem yang ada di tengkorak itu," kata Giovanna.

Tengkorak tersebut diperkirakan merupakan tengkorak wanita berusia 30 tahunan. Dari penelitian para ahli, sebelum menjadi tengkorak, bagian kepala wanita itu disayat dan seperti dikuliti. Para ahli menduga itu merupakan bagian dari sebuah ritual kematian.

"Saat ini, kami berfokus menginvestigasi keadaan saat kematian wanita ini terjadi. Tengkorak wanita itu menunjukkan adanya luka sebagai hasil dari manipulasi perimortem yang kemungkinan disebabkan oleh dihilangkannya jaringan lunak," jelas Giovanna.

Menguliti orang yang sudah mati diketahui sudah cukup biasa dilakukan di masa prasejarah, tepatnya di masa manusia Neanderthal hidup.

Profesor Giovanna Belecastro dan koleganya menggunakan mikroskop dan alat CT Scan untuk membuat replika dari tengkorak wanita misterius itu.

Studi terbaru mereka menunjukkan wanita tersebut meninggal dalam keadaan kurang sehat. Dia mengalami kekurangan zat besi dan vitamin. Dia juga disebut menderita kelainan kelenjar endokrin dari analisis giginya yang tersisa.

Tengkorak wanita tersebut ditemukan di bagian langit-langit vertikal gua, dengan ketinggian kira-kira 12 meter di bawah sistem gua sepanjang 26 meter yang tersembunyi di bawah permukaan tanah.



Simak Video "Suasana Seram di Pekuburan Desa Trunyan Kintamani Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA