Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! AirAsia Akan Buka Rute Manado untuk Mudahkan Turis ke Likupang

Bonauli
detikTravel
Pesawat A330-900 AirAsia X
Ilustarsi Pesawat AirAsia (Dok. AirAsia)
Jakarta -

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang menjadi salah satu dalam destinasi wisata super prioritas. AirAsia berencana membuka rute ke Manado.

Diskusi Tony Fernandes dan Sandiaga Uno tentang kemajuan KEK Likupang sebagai destinasi wisata super prioritas berbuah manis. Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga menyebut rencana jangka pendek terkait pembicaraan itu.

"AirAsia sangat mendukung dan berkomitmen untuk menjadi partner pemerintah untuk menyukseskan pemulihan pariwisata secara keseluruhan dan akselerasi dari pengembangan destinasi super prioritas," ujar Vera kepada detikTravel.

Dari lima destinasi wisata super prioritas, memang hanya dari Jakarta ataupun Kuala Lumpur ke Bandara Sam Ratulangi, Manado yang terdekat dengan Likupang, yang belum terealisasi. AirAsia telah memiliki rute di empat destinasi Bali baru lainnya, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Dengan apa yang dikemukakan oleh Tony Fernandes dan Sandiaga Uno akan me-refresh kembali rencana-rencana yang akan kita implementasikan segera," tambahnya.

Vera mengatakan bahwa dengan adanya dorongan dari Kemenparekraf, pasti akan dilanjutkan dengan eksekusi di lapangan dan aktivitas-aktivitas. Penerbangan ke Likupang sebenarnya sudah direncanakan oleh AirAsia.

"Ini kan low season, belum lagi ada regulasi ketat jadi permintaan turun. Mudah-mudahan persyaratan untuk penerbangan uang baru meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan," ujar dia.

Untuk sementara ini, KEK Likupang bisa dicapai dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam sampai dua jam dengan kendaraan roda empat. Selain Tanjung Pulisan dengan pasir putihnya, KEK Likupang memiliki Pantai Pall dan Pantai Marinsow yang sama-sama berada di Kecamatan Likupang Timur.

Kawasan ini didukung oleh sejumlah desa wisata, di antaranya Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Gangga.

Khusus di Desa Marinsow sebanyak 68 rumah dibangun secara khusus menjadi homestay oleh KemenPUPR mulai Oktober 2020.

"Kita punya persiapan nih beberapa rute, termasuk Likupang. Kalau menunjukkan dampak positif, April akan dibuka," ujar Vera.



Simak Video "Yang Bikin AirAsia Ride Beda dari Grab dan Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA