Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Mar 2021 22:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta KEK Likupang, Destinasi Wisata Super Prioritas di Sulut

Femi Diah
detikTravel
View KEK Likupang
Foto: dok. Humas Kemenparekraf
Likupang -

Likupang diinisiasi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk didaulat sebagai satu dari lima destinasi wisata super prioritas. Berikut faktanya.

KEK Likupang seluas 197,4 hektare dibangun di Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara. Kawasan ini menawarkan wisata pandai pasir putih yang sedikit kecoklatan.

Selain itu, sejumlah fakta menarik dimiliki KEK Likupang. Apa saja?

Berikut tujuh fakta wisata KEK Likupang:

1. KEK Likupang bisa ditempuh sekitar 1,5-2 jam dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Dijanjikan, andai Tol Manado-Likupang selesai, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit.

2. KEK Likupang memiliki daya tarik pantai-pantai dengan pasir putih, di antaranya Tanjung Pulisan, Pantai Pall, dan savana yang luas. Juga, Pantai Sampirang dan ekowisata Bahoi. Pantai Pulisan belum lama dibuka, yakni mulai 2014.

3. Kawasan KEK Likupang jarang penduduk. Di sana dihuni warga Nusa Utara dan Sangir Talaud.

4. KEK Likupang ditopang oleh desa wisata yang dibangun lewat anggaran KemenPUPR, yakni desa wisata Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Gangga. saat ini, terdapat 253 homestay usaha lima desa itu.

5. Dekat dengan Pulau Lihaga dan Pulau Gangga yang menjadi tempat snorkeling atau menyelam.

6. Pantai Likupang memiliki spesies langka penyu hijau. Di sini juga menjadi habitat burung maleo dan makaka hitam.

7. Jaringan internet di KEK Likupang belum oke.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, akhir pekan lalu meninjau progres pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Likupang yang menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas. Menparekraf akan memastikan destinasi super prioritas ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah dalam pembangunannya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku terkesan dengan keindahan dan potensi yang ada di Likupang, Minahasa Timur. Dalam peninjauannya itu, Menparekraf melihat kawasan Pantai Pulisan yang menjadi proyek pengembangan pertama di dalam kawasan. Menparekraf menyusuri pantai Pulisan dan menikmati kejernihan air serta pasirnya yang putih.



Simak Video "Jalan Terjal dan Berbahaya untuk Menuju Goa Langse, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA