Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Genjot Pariwisata, Dispar DIY Siapkan 71 Event di Tahun Ini

Kepala Dispar DIY, Singgih Rahardjo.
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan 71 event selama tahun 2021. Sedangkan pelaksanannya menyesuaikan perkembangan pandemi COVID-19.

Kepala Dispar DIY Singgih Rahardjo mengatakan, bahwa pihaknya telah menyusun Calender of Event (CoE) 2021 atau kalender wisata. Kalender event tersebut bisa diakses melalui visitingjogja.com.

"Jadi yang kita luncurkan kalender event dan itu event yang sudah terkonfirmasi dari sisi penjadwalan dan pelaksanaannya. Untuk jumlahnya ada 71 event," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/3/2021).

Lanjutnya, puluhan event tersebut terbagi ke dalam 8 kategori event dan terpilih 34 ikonik event. Di mana mengedepankan dan mengunggulkan agenda budaya serta pariwisata bertaraf nasional maupun internasional.

Sedangkan pelaksanannya, Singgih menyebut akan menyesuaikan perkembangan COVID-19. Nantinya pelaksanaan bisa secara hybrid atau full online.

"Pelaksanannya tentu akan melihat sikon dari perkembangan COVID-19. Jadi kalau perkembangan COVID-19 belum mengizinkan untuk itu, dari sisi peserta tidak banyak dilakukan secara hybrid. Kalau full ya online, kalau skenario paling pahit ya kita review lagi (pelaksanaan event)," ucapnya.

Dia mencontohkan, untuk event secara full online tahun ini seperti Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) pada bulan Februari. Sedangkan untuk hybrid rencananya seperti pelaksanaan festival andong.

"Kalau yang sudah pasti ada yang full online dan hybrid, misal festival andong hari Sabtu Minggu itu dilakukan secara hybrid dengan pembatasan pengunjung," katanya.

Adapun kalender event pada 10-12 Maret 2021 akan dilangsungkan serangkaian tradisi yang dimulai dengan tradisi Peksi Burak di Keraton Yogya.

Yakni sebuah tradisi persembahan yang digelar Keraton Yogya dengan simbolis burung Burak di mana diyakini sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan Isra' Mi'raj. Tradisi ini sebagai sarana dakwah ajaran Nabi Muhammad SAW.

Simak video 'Tinjau Vaksinasi Pedagang Yogya, Jokowi Harap Ekonomi-Pariwisata Bangkit':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA