Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mar 2021 14:59 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Hotel di Chiang Mai Beri Potongan Harga hingga 90%

chiang mai
Foto: Chiang Mai (shutterstock)
Chiang Mai -

Penginapan di Thailand merasakan dampak kemerosotan kedatangan tamu. Bahkan, sejumlah hotel di Chiang Mai memberikan potongan harga hingga 90 persen!

Presiden Asosiasi Hotel Thailand bagian utara, La-Iad Bungsrithong mengatakan bahwa turis kebanyakan lebih memilih rekreasi pantai pada bulan Maret. Sehingga para pelaku bisnis hotel mencari cara bagaimana menghadapi situasi tersebut.

Saat wabah COVID-19 menyebar di Thailand pada akhir tahun lalu, di bulan Desember Chiang Mai hanya membuka 1.000 hotel dengan 20.000 hingga 30.000 kamar. Sedangkan kapasitas penuh di kota ini mencapai 2.000-3.000 hotel dengan total 60.000 kamar.

Lalu, bulan ini, tingkat hunian telah anjlok kurang dari 3 persen dan diperkirakan tak akan naik melebihi 5 persen selama masa liburan di bulan depan.

Pelaku bisnis perhotelan harus menemukan cara menghasilkan pendapatan baru. Lebih dari 30 hotel bintang empat dan bintang lima di pusat kota Chiang Mai memilih untuk menyediakan layanan makanan drive thru.

"Meski distribusi vaksin sudah dimulai secara global, target pasar Chiang Mai seperti China masih belum bisa melakukan outbound trip. Operator harus bergantung pada pasar domestik," kata La-Lad.

Rati Lanna Riverside Spa Resort telah memangkas tarif kamar menjadi 1.500 baht per malam. Padahal, saat situasi normal, tarifnya mencapai 13.000 baht.

La-lad juga mengatakan bahwa operator hotel meminta kantor Otoritas Pariwisata Thailand di Chiang Mai untuk memberi kupon 500 baht kepada wisatawan untuk ditukarkan di restoran hotel. Dia juga menambahkan bahwa pihak berwenang perlu berbuat lebih banyak untuk mempromosikan perjalanan antar provinsi, khususnya dari selatan dan timur laut Thailand.

Tahun 2019, Chiang Mai menyambut 11 juta wisatawan yang didominasi warga Thailand, yaitu sebanyak 70 persen. Namun pada tahun 2020, kunjungan hanya mencapai 1 juta orang. Sedangkan tahun ini diperkirakan hanya sekitar 25 persen dari angka tahun 2019.



Simak Video "Penghormatan untuk Korban Pandemi, London Dihiasi 'Tembok Hati'"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA