Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Mar 2021 22:46 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Gurita Pasifik Raksasa yang Dianggap Bisa Prediksi Masa Depan

Gurita raksasa sering dianggap memiliki kemampuan supranatural untuk memprediksi masa depan. Ya, tak jarang hewan ini menebak pemenang Piala Dunia.
Foto: (dok. Jakarta Aquarium)
Jakarta -

Gurita raksasa sering dianggap memiliki kemampuan supranatural untuk memprediksi masa depan. Ya, tak jarang hewan ini dipercaya bisa menebak pemenang Piala Dunia.

Gurita Pasifik Raksasa atau Giant Pacific Octopus berasal dari Samudera Pasifik Utara. Warnanya kemerahan namun dapat berubah sewaktu-waktu saat menyesuaikan kondisi. Dia memiliki tiga jantung dan sembilan otak!

Betinanya bisa bertelur hingga 20.000 sampai 100.000 telur. Selama menjaga telur, betina tidak makan sama sekali, bahkan dia akan mati setelah telurnya menetas selama 150 hari hingga satu tahun. Tergantung pada suhu lingkungan.

"Fakta unik, Gurita Raksasa memiliki darah berwarna biru, karena perpaduan atom tembaga di molekul Hemocyanin. Di invertebrata mereka menggunakan hemocyanin untuk mentranspor oksigen ke darah, karena itu berwarna biru. Sebagai perbandingan, mammal seperti manusia, haemoglobin mentranspor O2 ke darah, karena zat besi di atom, makanya darah kita berwarna merah," kata kurator Jakarta Aquarium, Aaron Morgan.

Hewan ini bisa traveler temui di Jakarta Aquarium. Sebagai bagian dari Taman Safari Indonesia Grup dan di bawah Balai Konservasi Sumber Daya alam, lembaga konservasi ini mengerti kebutuhan Gurita Raksasa secara detail. Misalnya variasi permainan dan interaksi.

Gurita raksasa sering dianggap memiliki kemampuan supranatural untuk memprediksi masa depan. Ya, tak jarang hewan ini menebak pemenang Piala Dunia.Gurita raksasa sering dianggap memiliki kemampuan supranatural untuk memprediksi masa depan. Ya, tak jarang hewan ini menebak pemenang Piala Dunia. Foto: (dok. Jakarta Aquarium)

"Tahukah Anda? Gurita Raksasa memiliki 9 otak! Ya, ia sangat pintar dan harus terus distimulasi agar tetap sehat. Karena itu kami harus menjaga pikiran dan rasa ingin tahu mereka terus menerus. Pengunjung bisa berdonasi mainan untuk mereka asalnya yang aman, yaitu yang terbuat dari material yang tidak beracun, berwarna terang, dan memiliki tekstur," papar Aaron.

Namun gurita raksasa di Jakarta Aquarium ini belum memiliki nama. Sebelumnya, wisatawan sudah diberi kesempatan untuk memberikan nama untuk gurita dan sekarang 10 nama terbaik sudah terpilih.

"Tim kami sudah memilih 10 nama terbaik yang diajukan publik. Nah, pengunjung bisa melihat secara langsung, bagaimana Si Gurita Pasifik Raksasa ini memilih sendiri namanya dari 10 nama terpilih. Pemilihan ini akan berlangsung Jumat ini, 12 Maret 2021, pukul 14.00 WIB," ujar Head of Social, Branding, and Communication Fira Basuki.

Selain melihat gurita, di akhir pekan, Jakarta Aquarium punya beberapa pertunjukan. Salah satunya pentas puteri duyung, Pearl of The South Sea yang menggabungkan opera darat dan air.



Simak Video "Wisata Lembongan dan Nusa Penida Alami Peningkatan Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA