Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Mar 2021 20:04 WIB

TRAVEL NEWS

Antonov Ramai di Medsos, Pesawat Apa Sih Ini, Kok Chubby?

Bonauli
detikTravel
Pesawat Antonov 124-100
Antonov AN 124-100 (20detik)
Yogyakarta -

Bandara Internasional Yogyakarta viral karena kedatangan pesawat Antonov untuk pertama kalinya. Pesawat ini bukanlah pesawat biasa.

Antonov Internasional AN 124-100 mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo pada Rabu (10/3/2021). Dirangkum dari berbagai sumber, Antonov adalah pesawat kargo terbesar kedua di dunia.

Menurut cerita, saat pesawat ini terbang di langit Jawa, ada suara meraung keras. Begitu mendarat, bentuk dari pesawat ini bikin salah fokus. Banyak netizen yang bilang kalau pesawat ini punya bodi menggemaskan.

Mari mengenal pesawat ini dengan lebih dalam. Pesawat Antonov AN 124-100 jadi salah satu transportasi udara kargo terbesar kedua di dunia buatan Ukraina.

Pesawat ini dirancang oleh Antonov ASTC di Kiev, Ukraina. Pesawat ini dirancang sebagai kargo jarak jauh untuk ukuran barang besar. Termasuk mesin, peralatan dan pasukan.

Antonov 124-100 mulai beroperasi pada tahun 1986. Setidaknya sudah ada lebih dari 55 pesawat yang dibuat sampai sekarang ini.

Yang membuat pesawat ini unik adalah bentuknya muka pesawat. Hal ini dikarenakan AN 124-100 memiliki struktur badan pesawat dengan tata letak dek ganda.

Sehingga jika dilihat dari depan, pesawat ini terlihat chubby. Sudah gitu pintunya unik, dari depan alias moncong dan dari sisi bagian belakang. Hidung pesawat berengsel sehingga dapat ditarik ke atas.

AN 124-100 memiliki kapasitas muatan 150 ton. Panjang pesawat ini 69,10 meter dan tinggi 21,08 meter. Karena ukurannya yang besar, Bandara YIA merasa terhormat menjadi pilihan pesawat ini untuk mendarat dan lepas landas.

Rentang sayapnya saja memiliki 73,30 meter dan 26,28 meter. Kecepatan jelajah 800-850 km per jam dan dapat menempuh jarak 15.700 km.

Kokpit, kompartemen awak bantuan dan kabin penumpang berada di dek atas. Jumlah kursi penumpangnya 88 buah. Sementara dek bawah adalah ruang kargo.

Kelebihan lainnya adalah sayap supercritical swept-back yang dimilikinya. Sayap ini relatif tebal sehingga memberikan efisiensi aerodinamis tinggi dalam penerbangan jarak jauh.

Struktur pesawat terbuat dari komposit yang membentuk 1.500 meter persegi dari luas permukaan. Ini memberikan penghematan berat 2.000 kg. Belum lagi margin stabilitas statisnya yang rendah.

Beralih ke roda pesawat, AN 124-100 dipersiapkan untuk bisa mendarat di segala medan. Roda pesawatnya memungkinkan Antonov untuk mendarat di medan kasar, berbeton dan jalur yang tidak beraspal.

Dalam sistem komputer, pesawat Antonov sangatlah canggih. Pesawat ini memiliki kontrol penerbangan dan sistem navigasi terintegrasi, fasilitas komunikasi serta peralatan penurunan dan penanganan kargo.

Ada 34 komputer yang berfungsi di dalamnya. Agar lebih mudah, komputer tersebut dibagi menjadi empat sistem, yakni navigasi, pilot otomatis, remote control, dan monitoring.

Kontrol penerbangan dan sistem navigasi terintegrasi terdiri dari sistem navigasi otonom, sistem indikasi ketinggian dan kecepatan udara, sistem navigasi dan pendaratan radio jarak pendek, GPS, kompas radio otomatis, sistem kontrol penerbangan terintegrasi, radar pengawasan darat, radar cuaca dan penglihatan optik.

Sementara itu, fasilitas standar yang dimiliki oleh pesawat ini adalah stasiun radio komunikasi ruang angkasa, pesawat radio HF, pesawat radio VHF/UHF, interkom, peringatan suara dan sistem dokumentasi.



Simak Video "Detik-detik Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat Perdana di YIA"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA