Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mar 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Puji Desa Wisata Karangrejo Borobudur, Ini Spesialnya

Eko Susanto
detikTravel
Menprekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jateng, Jumat (12/3/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Karangrejo, Magelang. (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memuji Desa Wisata Karangrejo di Magelang, Jawa Tengah. Sejumlah poin bikin Sandiaga terpesona.

Sandiaga tiba di Balkondes Karangrejo pada Jumat (12/3/2021), sekitar pukul 16.44 WIB. Dia memakai baju surjan, kemudian mengecek salah kamar homestay yang berada di Balkondes Karangrejo.

Sandi mengatakan Desa Wisata Berkelanjutan Karangrejo baru menerima sertifikasi CHSE sebagai bukti telah memenuhi standar protokol kesehatan saat pandemi virus Corona. Sertifikasi diterima Balkondes Karangrejo pada Senin (1/3/2021).

"Hari ini saya sangat berbahagia bahwa kerja keras kita dimana Desa Wisata Berkelanjutan Karangrejo yang baru saja kami sertifikasi 1 Maret. Tanggal 12 Maret sudah kami kunjungi," kata Sandi kepada wartawan di Balkondes Karangrejo.

Menprekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jateng, Jumat (12/3/2021).Menprekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jateng, Jumat (12/3/2021). Foto: Eko Susanto/detikTravel

"Kami lihat dengan mata kepala sendiri mungkin salah satu homestay terbaik yang pernah saya lihat dengan standar kelas dunia, itu pertama. Kedua produk saya terima kasih produk-produk ekonomi kreatif yang saya kunjungi sendiri sudah mulai mengadopsi teknologi yang sudah melek digital," ujarnya.

Sandi juga menyampaikan terima kasih atas ajakannya yang membentuk Satgas Toilet daerah masing-masing.

"Hari ini Satgas Toilet DIY dan Jateng di bawah pimpinan Pak Pudjo sudah diresmikan dan kegiatan pertama berada di kawasan Wisata Dieng. Ini adalah bentuk daripada kolaborasi tidak mengambil biaya sedikitpun dari Kementerian, tapi dengan partisipasi masyarakat 'membersihkan toilet di setiap destinasi wisata," Sandiaga.

"Kami harapkan ini akan menjamur gerakan ini dan menjadi salah satu gerakan nasional yang biasa mengubah wajah pariwisata kita dimana toilet sebagai beranda depan tampil dengan bersih indah dan nyaman," dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Karangrejo Nuryazid mengatakan, Desa Wisata Karangrejo mempunyai beberapa destinasi seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Bukit Barede, Kebun Buah Karangrejo dan Balai Ekonomi (Balkondes). Keberadaan disini lebih lengkap dibandingkan yang lain.

"Kalau kesenian ada beberapa seperti kobro siswo, brondut, jathilan, topeng ireng dan karawitan. Kami menerima sertifikasi sebagai Desa Wisata Berkelanjutan," ujarnya.



Simak Video "Langgar Prokes Saat Libur Lebaran, Destinasi Wisata Akan Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA