Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mar 2021 10:55 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif di Yogyakarta Jadi Jawara Pandemi

Sandiaga di Yogyakarta
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menilai sektor ekonomi kreatif di Yogyakarta selama pandemi mengalami peningkatan di sektor digital. Karena itu Kemenparekraf akan melaunching kegiatan terkait pemodalan.

Sandiaga mengatakan, bahwa pihaknya telah memetakan 17 sub sektor ekonomi kreatif di Yogyakarta. Hasilnya, sektor ekonomi kreatif di dunia digital mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19.

"Ada 17 sub sektor ekonomi kreatif kami petakan dan ternyata di Yogyakarta ini banyak yang menjadi pandemic winner, yang menjadi jawara pandemi, justru berkembang terutama berkaitan dengan teknologi e-commerce, digital dan gaming," kata Sandiaga saat ditemui di Keraton Kilen, Kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Jumat (12/3/2021) malam.

Sandiaga mencontohkan, seperti halnya e-sport, animasi dan beberapa sub sektor di ekonomi kreatif ini justru berkembang pesat di Yogyakarta. Namun, dia menilai ada beberapa sub sektor lagi yang memerlukan stimulus.

"Kami melihat seperti e-sport, animasi dan beberapa sub sektor di ekonomi kreatif ini justru bertumbuh di Yogyakarta. Sementara ada beberapa sub sektor lagi yang perlu kita berikan stimulus agar mereka bisa bertahan dan berkembang," ucapnya.

Stimulus itu, kata Sandiaga, nantinya berupa program-program khusus dari Kemenparekraf. Dia berharap dengan stimulus itu mampu meningkatkan sub sektor di ekonomi kreatif agar semakin tumbuh pesat di tengah pandemi COVID-19.

"Untuk itu kami akan melaunching satu kegiatan yang mudah-mudahan bisa memberikan harapan baru terkait dengan permodalan, akses pasar dan peningkatan SDM," kata Sandiaga.



Simak Video "Suasana Yogyakarta yang Mulai Alami Peningkatan Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA