Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Mar 2021 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Cuma Kalimantan, Papua Juga Punya Spesies Ikan Arwana

Hari Suroto
detikTravel
Alasan Ikan Arwana Tidak untuk Dimakan Meski Harganya Lebih Mahal dari Ferrari
Foto: Ilustrasi ikan arwana (Getty Images/iStockphoto/HuyThoai)
Merauke -

Tak cuma di pulau Kalimantan saja, spesies ikan Arwana juga bisa traveler jumpai di Papua. Ikan arwana Papua ini berhabitat di Merauke.

Sungai Digul di Boven Digoel serta Sungai Maro di Merauke ternyata memiliki spesies ikan endemik. Ikan ini populer disebut ikan arwana Papua. Namun penduduk setempat menyebutnya sebagai ikan kaloso.

Secara tradisional, oleh masyarakat di sekitar Sungai Digul dan Sungai Maro, ikan ini sering ditangkap dengan cara dipancing atau dijaring untuk dikonsumsi. Daging ikan ini dikenal rasanya sangat enak.

Ikan arwana Papua, yang memiliki nama latin Scleropages Jardinii itu terkenal sangat lincah dan sangat sulit ditangkap. Mereka bahkan mampu meloloskan diri dari kepungan jala yaitu dengan cara meloncat cepat keluar dari jala.

Ciri khas ikankaloso adalah suka mengerami telur dalam mulut. Telur-telur ikankaloso akandimasukan dalam mulut ikan jantan hingga menetas dan anak ikan bisa mandiri.

Ikan kaloso merupakan ikan air tawar endemik Papua selatan. Untuk itu perlu dilindungi dan dijaga kelestariannya dari ancaman kepunahan yang bisa terjadi di masa depan.

Caranya adalah dengan membiarkan ikan ini hidup di habitat aslinya, tidak menangkap mereka secara sembarangan, dan tidak boleh diperdagangkan maupun dibawa ke luar Papua.

Untuk itu peran balai karantina hewan baik di bandara maupun pelabuhan harus dioptimalkan. Namun rupanya, jenis ikan ini ternyata bisa juga didapatkan di perairan Queensland, Australia utara.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Tukul Arwana Disebut Jalani Operasi hingga 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA