Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Mar 2021 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Akhir Pekan, Tahura Bandung Jadi Primadona

Siti Fatimah
detikTravel
Tahura Djuanda
Tahura Djuanda (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Tempat wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda masih menjadi primadona objek wisata bagi kebanyakan wisatawan di Kota Bandung.

Akhir pekan ini, kunjungan wisatawan naik hingga 2000 orang atau sekitar 30 persen dari kunjungan di masa pandemi COVID-19.

Kepala BLUD Tahura Djuanda, Lian Lubis mengatakan, ramai kunjungan di Tahura ini terjadi setiap akhir pekan. "Kunjungan Tahura selalu ramai sekarang Sabtu-Minggu, rata-rata sekitar seribu sampe dua ribuan, hari ini cukup ramai perkiraan kita sampai dua ribuan," kata Lian kepada detikcom, Minggu (14/3/2021).

Taman hutan seluas lebih dari 50.26 hektare ini menghadirkan daya tarik bagi wisatawan seperti pohon pinus yang menjulang tinggi, udara sejuk, dan beberapa objek wisata seperti Goa Jepang, Goa Belanda, Tiga Curug, Penangkaran Rusa dan Tebing Keraton.

Tahura DjuandaTahura Djuanda Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Lian mengatakan, seluruh objek wisata sudah dibuka normal dengan penerapan protokol kesehatan. Pengunjung pun diminta untuk ikut menerapkan prokes dengan menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, dan cek suhu tubuh.

"Kita udah buka semua (objek wisata). Untuk protokol masih menggunakan protokol kesehatan, cuman pengunjung kalo di komunitas sendiri terserah mereka tapi tidak boleh berinteraksi dengan orang lain," ujarnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, pihaknya pun telah mendapatkan vaksinasi bagi seluruh karyawan untuk menambah rasa aman bagi wisatawan. "Kebetulan kami sudah divaksin semua mudah-mudahan lebih kuat ya kemarin kan kita kena 20 pegawai itu tapi yang kenanya juga bukan orang yang melayani pengunjung," tutur Lian.

Saat ditanya perihal persyaratan surat bebas COVID-19, Lian menegaskan, pihaknya tidak mewajibkan hal itu seperti di kawasan wisata Lembang. Pengunjung hanya diharuskan membeli tiket secara online.

"Enggak diwajibkan bawa surat (bebas) covid karena itu sudah di skrining oleh Pemerintah Kota Bandung, kami tidak bawa itu. Sistem masuknya masih sistem online dan sekarang pengunjungnya mulai meningkat sedikit-sedikit, kebanyakan pengunjung masih Bandung Raya," jelasnya.

Tahura DjuandaTahura Djuanda Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Pantauan detikcom, dari pagi tadi hingga pukul 12.00 WIB wisatawan mulai mendatangi kawasan wisata Taman Hutan ini. Area parkir pun rata-rata dipenuhi kendaraan roda dua dan empat dengan plat Bandung dan Jakarta.

Aktivitas yang dilakukan seperti senam, bersepeda, makan bersama, foto-foto hingga nongkrong di area food court.

Untuk tiket masuknya di kisaran harga Rp 12 ribu dengan rincian Rp 10 ribu untuk tiket dan Rp 2 ribu untuk asuransi. Jam operasional pun dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB kecuali untuk objek wisata Tebing Keraton hingga pukul 18.00 WIB.



Simak Video "Cegah Potensi Kerumunan, Jalan di Kota Bandung Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA