Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Mar 2021 20:13 WIB

TRAVEL NEWS

Intip Momen dr Reisa Pertama Kali Naik Kereta Setelah Pandemi

Putu Intan
detikTravel
dr. Reisa Broto Asmoro membagikan pengalamannya pertama kali naik kereta jarak jauh Jakarta-Yogyakarta. Menurutnya, protokol kesehatan telah dilakukan dengan baik.
dr Reisa untuk pertama kali naik kereta setelah pandemi Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta -

dr Reisa Broto Asmoro membagikan pengalamannya pertama kali naik kereta api jarak jauh Jakarta-Yogyakarta. Menurutnya, protokol kesehatan telah dilakukan dengan baik.

Pengalaman itu ia bagikan dalam bentuk video dalam Youtube Sekretariat Presiden yang diunggah pada Senin (15/3/2021). Dalam video itu, ia mengatakan bahwa ini merupakan perjalanan jarak jauh pertamanya selama pandemi COVID-19.

"Ini perjalanan pertama saya setelah pandemi dengan menggunakan kereta jarak jauh," katanya.

Pada kesempatan itu, Reisa yang menjabat sebagai Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas, menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti penumpang KA jarak jauh sebelum memulai perjalanan.

Pertama calon penumpang harus melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun. Calon penumpang wajib menunjukkan tiket atau kode booking kereta api jarak jauh kepada petugas. Untuk pemeriksaan GeNose ini penumpang cukup membayar Rp 20 ribu.

Selanjutnya, penumpang akan diminta meniup kantong udara hingga penuh. Jika sudah, penumpang diminta mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Reisa menjelaskan, tak butuh waktu lama untuk mengetahui hasilnya. Cukup menunggu sekitar 3 menit, penumpang akan diberikan hasil pemeriksaan yang berlaku 3x24 jam.

Jika sudah, penumpang diwajibkan untuk mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya. Batas aman untuk bepergian adalah 37,3 derajat celcius.

"Setelah itu, kelengkapan dokumen perjalanan seperti KTP, tiket kereta dan hasil pemeriksaan COVID-19 kemudian akan diperiksa petugas sebelum menaiki kereta," ujarnya.

Penumpang juga akan diberikan pelindung wajah atau face shield untuk dikenakan selama perjalanan di dalam kereta.

"Keretanya nyaman dan bersih. Saya jadi semakin yakin bahwa perjalanan pertama saya dengan kereta api jarak jauh di masa pandemi ini akan nyaman dan aman," Reisa mengungkapkan.

Selama di perjalanan, kondektur kereta api juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang secara berkala. Akhirnya setelah menempuh perjalanan hampir 8 jam dari Stasiun Gambir Jakarta, Reisa sampai juga di Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Perjalanan terasa singkat karena aman dan nyaman dengan pelayanan yang prima. Yang tak kalah penting, protokol kesehatan selalu dipraktikkan bersama-sama oleh semua penumpang. Diperhatikan ketat oleh petugas untuk memastikan semua terus beradaptasi dengan kebiasaan baru," pungkasnya.



Simak Video "Faktor Penunjang Agar Target 100 Juta Suntikan Tercapai Akhir Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA