Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mar 2021 13:57 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Stasiun Tugu Yogyakarta Akan Jadi Ekosistem Transportasi

Stasiun Tugu Yogyakarta
Stasiun Tugu Yogyakarta (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pembahasan dengan Pemda DIY terkait pengembangan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menyebut Stasiun Tugu Yogyakarta akan menjadi bentuk ekosistem transportasi yang menggabungkan moda-moda transportasi selain kereta api.

Didiek mengatakan, bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X terkait pengembangan Stasiun Tugu Yogyakarta kemarin, Selasa (9/3/2021). Hasilnya, Sultan menyetujui pengembangan Stasiun yang berlokasi di jantung Kota Yogyakarta ini.

"Arahan dari Ngarso Dalem adalah bahwa beliau sepakat dan sudah menyetujui pengembangan ini," kata Didiek saat ditemui kemarin, Selasa (9/3/2021).

Didiek menjelaskan, bahwa pengembangan yang dimaksud adalah ekosistem transportasi. Di mana nantinya Stasiun Tugu Yogyakarta tidak hanya menggabungkan Kereta Api tapi juga moda transportasi lain.

"Sehingga Stasiun Tugu itu akan menjadi suatu bentuk ekosistem transportasi yang menggabungkan moda-moda transportasi selain kereta api. Diharapkan pengembangan Stasiun Tugu bisa selesai sebelum Desember 2023," ujarnya.

Dengan ekosistem transportasi itu, Didiek mengaku akan berdampak positif bagi penumpang Kereta Api. Pasalnya pelanggan Kereta Api akan jauh lebih dipermudah dalam bertransportasi.

"Kemudian dengan moda transportasi sehingga penumpang pelanggan kereta api jarak jauh itu bisa langsung mendapatkan moda transportasi lain begitu sampai Stasiun Tugu," ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, Didiek menyebut kemungkinan akan pengembangan commuter berbasis Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Akan tetapi, hal itu baru dalam kajian pihaknya.

"Transportasi ke depan di Yogyakarta akan dikembangkan commuter berbasis ART ini sedang dalam kajian juga," katanya.

Sementara itu, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mendukung pengembangan Stasiun Tugu Yogyakarta. Pihaknya juga akan membantu soal perizinan dan pemanfaatan lahan agar pengembangan tersebut bisa semakin cepat terealisasi.

"Tentu ini akan melibatkan berbagai unit usaha. BUMN tidak hanya PT KAI saja, tapi dalam waktu dekat ini yang tadi prinsipnya yang Stasiun Tugu bisa disegerakan sehingga proses perizinan dilakukan saja. Nanti bisa segera dieksekusi," ucapnya.



Simak Video "Berlaku Mulai Besok, Ini Ketentuan Baru Naik KA Jarak Jauh!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA