Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Mar 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Turis Lalai Prokes di Bali, Sandiaga: Deportasi!

Sandiaga Uno di Desa Penglipuran, Bali.
Ilustrasi Sandiaga Uno di Bali (dok Kemenparekraf)
Denpasar -

Selain memantau vaksinasi masal di Bali, Menparekraf Sandiaga Uno juga sempat berkomentar soal turis yang abai prokes. Denda sampai deportasi menanti.

Hal itu diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno dalam konferensi pers daring yang disiarkan via laman Instagram resmi Kemenparekraf yang dilihat detikTravel, Rabu (17/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga memuji langkah Gubernur Bali I Wayan Koster yang cukup tegas untuk turis nakal yang abai prokes. Misalnya, tidak memakai masker di ruang publik dan lainnya.

"Ada apresiasi juga kepada pak Gubernur Bali (I Wayan Koster), terutama satu terkait denda terhadap wisatawan mancanegara yang tidak patuh protokol kesehatan," ujar Sandiaga Uno didampingi oleh Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo.

"Kita tegas ternyata diapresiasi baik dan kedua, harapan kita bahwa Bali sebagai ikon pariwisata dan barometer pariwisata di Indonesia dapat menjadi sesuai harapan masyarakat dunia sebagai destinasi utama yang akan dikunjungi masyarakat dunia," Sandiaga menambahkan.

WNA di Bali terjaring sidak masker.WNA di Bali terjaring sidak masker (ANTARA/Naufal Fikri Yusuf)

Sandiaga memuji langkah Koster yang tegas memberi denda bagi turis asing yang abai prokes, dari nominal Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu dan terus meningkat. Apabila langkah itu tak membuat jera, maka ancaman deportasi telah menanti turis bandel.

"Saya sangat mendukung. Saya rasa itu langkah yang tegas dan ternyata dengan ketegasan kita bukan berarti kita dipandang negatif, tapi itulah komitmen kita untuk menegakkan protokol kesehatan. Jika mereka masih membandel dan melanggar, sudah ada langkah-langkah yang diambil untuk mendeportasi mereka," Sandiaga menegaskan.

Faktanya, tak sedikit turis asing yang abai menggunakan masker di tempat umum. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang dihukum push-up hingga membayar denda.

Adapun, tak sedikit juga turis asing bermasalah di Bali yang harus dideportasi setelah menyalahgunakan visa kunjungan turis hingga membuat onar di Pulau Dewata Bali.



Simak Video "Dukung Dangdut Masuk UNESCO, Fitri Carlina Bikin Kafe di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA