Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Mar 2021 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Gagal Move On, Tapi Pasar Ini Khusus Nostalgia Bareng Mantan

Bonauli
detikTravel
Love Market di Khau Vai, Vietnam
Khau Vai di Vietnam (Youtube)
Hanoi -

Mengungkit-ungkit mantan, bukanlah hal yang disenangi pasangan. Apalagi sampai bertemu dan bernostalgia kembali. Tapi rasanya hal itu tidak terjadi di Khau Vai.

Khau Vai, sebuah desa di Vietnam yang berada dekat dengan perbatasan China. Setiap tanggal 26-27 di bulan ketiga pada kalender China, akan ada love market atau pasar cinta yang diadakan.

Bukan sekedar cinta, pasar ini khusus buat orang-orang yang ingin bertemu kembali dengan mantannya. Waduh!

Tradisi ini memang cukup berbeda dari love market di beberapa negara. Namun intinya sama, mempertemukan kembali pasangan yang saling cinta namun tidak bisa menikah.

Bukan, mereka bukan gagal move on. Ini adalah tradisi turun-temurun yang mereka jaga. Kok bisa sih? Ada cerita dari balik tradisi ini.

Tradisi pasar cinta ini bermula dari legenda percintaan Ha Giang dan Cao Bang. Mereka adalah pasangan yang berbeda suku, Ha Giang dari suku Giay, sementara Cao Bang dari suku Nung.

Mereka saling cinta dan berharap untuk hidup bersama. Namun tradisi saat ini melarang pasangan beda suku untuk menikah. Dengan patah hari, mereka akhirnya memutuskan untuk berpisah dan menghormati peraturan yang ada.

Sepasang kekasih ini akhirnya sepakat untuk menikah dengan orang-orang pilihan dari suku masing-masing. Namun untuk mengingat cinta suci mereka, Ha Giang dan Cao Bang berjanji untuk saling bertemu di tanggal 27 bulan ketiga pada kalender China.

Akhirnya, tradisi ini terus dilakukan sampai sekarang. Warga dari etnis Nung, Tay, San Chi, Lo Lo, Dzao, Giay dan Hmong tumpah di pasar ini. Karena sudah semakin maju, mereka tak hanya bertemu mantan kekasih. Tapi banyak juga yang mencari jodoh.

Uniknya, setiap mantan kekasih yang bertemu di sini kebanyakan sudah menikah. Pasangan mereka tidak merasa cemburu saat yang lain bertemu dengan mantan. Bahkan, mantan kekasih yang bertemu kembali kebanyakan bertukar cerita tentang kehidupan pernikahan mereka. Tak jarang pasangan yang menikah datang bersama untuk bertemu mantan mereka, lo.

Seperti bertemu dengan kekasih yang hilang, mereka yang datang ke sini memakai pakaian adat warna-warni. Sehingga sangat menarik perhatian.

Sebelum pandemi, pasar cinta ini jadi tujuan populer untuk wisatawan domestik maupun internasional. Mungkin setelah pandemi, kamu yang mau cari jodoh bisa datang ke sini.



Simak Video "Vietnam Lockdown Dua Minggu Buntut Rekor Kasus Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA