Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Mar 2021 22:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Keju Paling Bahaya di Dunia, Penjualnya Bisa Kena Denda Rp 860 Juta!

Sardinia terletak di tengah laut Tyrrhenian dikelilingi pasir putih dan perairan zamrud. Pulau ini adalah penghasil keju yang dikenal berbahaya!
Foto: Casu Marzu (Disgusting Food Museum)
Sardinia -

Sardinia terletak di tengah laut Tyrrhenian dikelilingi pasir putih dan perairan zamrud. Pulau ini adalah penghasil keju yang dikenal berbahaya.

Mengutip CNN Travel, para penggembala di pulau Sardinia menghasilkan Casu Marzu, keju yang dipenuhi belatung. Pada tahun 2009, Guinness World Record menjadikannya keju paling berbahaya di dunia!

Beberapa orang mengatakan, belatung bisa bertahan dari gigitan dan menghasilkan mylasis atau telur yang bisa berkembang di usus. Meskipun, sejauh ini belum ada kasus tersebut yang disebabkan oleh keju Casu Marzu.

Karena risiko kesehatan yang dimiliki, Uni Eropa pun melarang penjualan Casu Marzu. Tapi nyatanya orang Sardinia mengkonsumsi keju selama berabad-abad.

"Serangan belatung adalah pesona dan kesenangan dari keju ini," kata seorang ahli gastronom Sardinia, Paolo Sollnas.

Menurut Paolo, beberapa orang Sardinia memang ngeri saat mengkonsumsi Casu Marzu. Namun sebagian besar penduduk tanpa malu menyukai rasanya yang memang kuat.

"Beberapa gembala melihat keju sebagai kesenangan pribadi yang unik. Sesuatu yang hanya dapat dicoba oleh beberapa orang pilihan," tambahnya.

Sardinia terletak di tengah laut Tyrrhenian dikelilingi pasir putih dan perairan zamrud. Pulau ini adalah penghasil keju yang dikenal berbahaya!Sardinia terletak di tengah laut Tyrrhenian dikelilingi pasir putih dan perairan zamrud. Pulau ini adalah penghasil keju yang dikenal berbahaya! Foto: (Getty Images)

Biasanya, wisatawan yang mengunjungi Sardinia mengunjungi tukang roti yang menjual pane carasu, roti pipih setipis kertas hingga bertemu dengan penggembala yang memproduksi keju pecorino yang khas hingga casu marzu.

Casu Marzu biasanya diproduksi pada akhir Juni saat susu domba lokal mulai berubah karena memasuki masa reproduksi. Selain itu rumput juga tengah mengering karena terik musim panas.

Keju ini terdaftar sebagai produk tradisional Sardinia dan dilindungi secara lokal. Walaupun begitu, Casu Marzu dianggap ilegal oleh pemerintah Italia sejak 1962 karena undang-undang yang melarang konsumsi makanan yang terinfeksi parasit.

Mengutip CNN Indonesia, Casu Marzu biasanya dimakan dengan belatung dalam kondisi hidup. Belatung yang mati menandakan keju yang ada dalam tubuhnya dalam kondisi rusak. Saat belatung dalam kondisi hidup, dia akan melompat tinggi jika tak diganggu.

Mereka yang menjual keju ini bisa mendapat denda yang tinggi, yaitu sekitar Rp 860 juta!

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Uni Eropa mulai mempelajari dan menghidupkan gagasan makan belatung yang bisa dikonsumsi. Penduduk pulau Sardinia pun berharap keputusan yang diambil akan menguntungkan mereka.



Simak Video "Tak Lagi Zona Merah, Warga Milan Mulai Bergeliat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA