Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Mar 2021 14:19 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Ikan Kaca dari Papua, Sudah Tahu Belum?

Hari Suroto
detikTravel
Glassfish or barbs in a freshwater aquarium
Foto: Ilustrasi ikan kaca (Getty Images/iStockphoto/Maltaguy1)
Boven Digoel -

Ada banyak spesies ikan unik di Papua. Salah satunya adalah ikan kaca yang tubuhnya bening seperti kaca, bahkan bisa dibilang transparan. Sudah tahu belum?

Sungai Digul dan rawa-rawa di Boven Digoel, Sungai Sungai Bian, Sungai Kumbe dan Sungai Maro di kota Merauke memiliki ikan endemik. Nama ikan ini adalah ikan kaca atau glassfish.

Ada yang menyebut ikan ini sebagai ikan perawat atau nurseryfish. Dalam bahasa ilmiah, ikan-ikan ini diberi nama Kurtus gulliveri.

Selain di perairan tawar Boven Digul, Merauke, dan Mappi, ikan ini juga bisa ditemukan di Sungai Adelaide, Northern Territory, Australia bagian utara.

Ikan ini termasuk unik dan aneh. Ikan kaca memiliki badan pipih dan tinggi, seperti belah ketupat memanjang. Disebut ikan kaca karena pada sisi kanan kiri berwarna putih perak.

Pada ikan jantan terdapat sebuah tonjolan di atas kepala, yang tumbuh melengkung. Ikan ini disebut ikan perawat karena pada bagian kepala ikan jantan yang melengkung ini, ikan jantan akan meletakkan dan merawat telur-telur mereka. Mirip utas tali yang membelit telur-telur tersebut.

Bagaimana ikan betina mengaitkan telurnya ke pejantan?

Pertanyaan tersebut masih menjadi misteri hingga sekarang.

Ikan jantan dengan telur di kepala hanya dapat dijumpai pada musim kawin saja. Ikan kaca jantan selalu membawa telur di kepalanya, hingga telur-telur tersebut menetas.

Di Papua, ikan ini banyak ditangkap dengan jaring untuk dijadikan ikan asin. Ikan-ikan ini pun jadi komoditas untuk dijual ke Merauke.


--
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.

Simak juga 'Kemegahan Stadion PON XX di Papua yang Dipamerkan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA