Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Terusan Suez Macet Gegara Kapal Kontainer Kandas

Putu Intan
detikTravel
Terusan Suez Macet, Penyebabnya Kapal Kontainer Kandas
Foto: Associated Press
Suez -

Jalan macet tidak cuma terjadi di darat. Ini juga bisa terjadi di laut, seperti halnya Terusan Suez yang macet akibat kapal kontainer besar kandas.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (25/3/2021), salah satu kapal kontainer kargo terbesar di dunia yaitu MV Ever Given kandas di tengah Terusan Suez. Kapal ini berbelok ke samping sehingga menyebabkan jalan terblokir.

Situasi itu otomatis membuat lalu lintas dari kedua arah terhenti. Sistem pengiriman global yang sudah tertekan pandemi Covid-19 pun kian terganggu karena kejadian ini.

Kapal seberat 220.000 ton dengan panjang 400 meter ini sudah berusaha untuk diapungkan. Sayang, usaha itu gagal dilakukan.

Kronologi kejadian kandasnya Ever Given ini rupanya dimulai pada hari Selasa. Tapi hingga saat ini belum diketahui pasti sebab kapal berbendera Panama itu berbelok ke samping hingga menutup jalan.

Perusahaan pengiriman dan logistik global yaitu GAC menggambarkan bahwa Ever Given mengalami pemadaman listrik saat transit ke arah utara. Kapal diduga kehilangan daya sehingga tak sanggup melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, operator kapal yakni Evergreen Marine Corp, menjelaskan bahwa kapal itu kandas akibat cuaca. "Kontainer tidak sengaja kandas setelah diduga dihantam angin yang kuat," katanya.

Pernyataan senada juga dikemukakan seorang pejabat Mesir. Saat itu, memang terjadi angin kencang di Terusan Suez.

Ini diperkuat dengan penjelasan badan prakiraan cuaca Mesir di mana pada saat kejadian, memang terjadi angin kencang dan badai pasir. Kecepatan angin saat itu adalah 50 km/jam.

Terusan Suez Macet, Penyebabnya Kapal Kontainer KandasKapal kandas di Terusan Suez tertangkap citra satelit. Foto: Associated Press

Meski kandas, operator kapal melaporkan bahwa seluruh kru dalam kondisi aman.

"Semua kru aman dan dapat dipertanggungjawabkan. Tidak ada laporan cedera atau kerusakan," kata Bernhard Schulte.

Berdasarkan data satelit MarineTraffic.com, haluan Ever Given menyentuh dinding timur kanal. Sedangkan buritannya bersandar di dinding barat.

Beberapa kapal tak tampak berada di sekitar kapal kontainer itu. Mereka mencoba mendorongnya ke arah yang seharusnya. Pejabat Mesir mengatakan, upaya mengapungkan kapal Ever Given itu bisa memakan waktu sampai dua hari.

Terusan Suez adalah salah satu lalu lintas air terpenting di dunia. Kanal ini menghubungkan wilayah Mediterania dengan Laut Merah dan menjadi jalur pelayaran ke Asia.

Terusan Suez mulai dioperasikan pada 1869. Ia memiliki panjang 190 kilometer, lebar 205 meter, dan kedalaman 24 meter. Setiap hari, setidaknya ada 50 kapal yang lalu lalang di sana sehingga dengan adanya peristiwa ini akan berakibat serius pada pengiriman barang.



Simak Video "Pengiriman Logistik Dunia Semrawut Meski Ever Given Sudah Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA